Sukses

Profil 7 Member Girl Group Baru SM Entertainment Girls on Top, BoA sampai Karina aespa

Liputan6.com, Jakarta - SM Entertainment mengumumkan girl group baru mereka, Girls on Top. Member grup ini dipilih berdasarkan skema serupa seperti saat agensi itu membentuk boy group Super M yang beranggotakan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, serta Taeyong, Mark, Ten, dan Lucas NCT, Agustus 2019 lalu.

Karenanya, Soompi melaporkan, Senin (27/12/2021), member Girls on Top bukanlah nama-nama asing. Grup idol lintas generasi ini terdiri dari BoA, Taeyeon dan Hyoyeon Girls’ Generation, Seulgi dan Wendy Red Velvet, serta Karina dan Winter aespa.

Grup ini akan mengadakan penampilan spesial pada 1 Januari 2022, kemungkinan di konser online gratis SMTOWN. Disusul dengan merilis lagu pertama mereka pada 3 Januari pukul 16.00 WIB. Berikut profil member-nya.

BoA

Pemilik nama lengkap Kwon Bo Ah ini merupakan penyanyi legendaris K-Pop. Mengutip AsianWiki, lahir pada 5 November 1986, ia sudah terjun ke dunia hiburan sejak usia dini.

Pada usia 11 tahun, BoA menemani kakak laki-lakinya ke ajang pencarian bakat dan ditemukan SM Entertainment. Juri program survival laris Street Woman Fighter ini berlatih di bawah pengawasan agensi selama dua tahun, sebelum merilis album debutnya ID; Peace B pada usia 13 tahun.

Pada 2002, BoA memulai debutnya di Jepang dengan album Listen to My Heart. Album ini meraih puncak tangga lagu Oricon dan menandai pertama kalinya album artis Korea mencapai nomor #1 di Negeri Sakura.

Nyatanya, Girls on Top merupakan album berbahasa Korea ke-5 BoA. Lagu-lagunya yang paling hits antara lain Valenti, The Shadow, Hurricane Venus, No. 1, Only One, dan Atlantis Princess.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Taeyeon dan Hyoyeon Girls’ Generation

Leader representasi girl group generasi ke-2 K-Pop ini bergabung dengan SM Entertainment pada 2004 melalui SM 8th Annual Best Contest saat ia memenangkan Best Singer 1st Place Grand Award, menurut Channel Korea. Pelantun lagu Weekend ini jadi trainee selama empat tahun tiga bulan.

BoA adalah inspirasi yang membuatnya ingin jadi penyanyi. Dengan keterampilan vokal yang kuat, Taeyeon, yang merupakan member pertama Girls' Generation yang melakukan debut solo, merupakan salah satu penyanyi solo wanita teratas dalam genre Pop dan R&B di Korea Selatan.

Selanjutnya, perempuan kelahiran 9 Maret 1989 ini juga merilis lagu OST untuk beberapa K-Drama paling sukses seperti Moonlovers Scarlet Heart Ryeo, Hotel Del Luna, dan Do You Like Brahms. Taeyeon juga mengisi suara karakter Margo dalam versi dubbing Korea dari film animasi populer Despicable Me dan Despicable Me 2.

"Ratu dansa" Girls' Generation ini bergabung dengan SM Entertainment pada 2000 di usia 11 tahun melalui SM Entertainment Casting System. Hyoyeon kemudian jadi trainee selama enam tahun dan satu bulan.

Bukan tanpa sebab pelantun lagu Dessert ini dijuluki "ratu dansa." Pasalnya, ia dikenal bisa menghafal gerakan tarian hanya dengan menontonnya satu atau dua kali.

Pemilik nama Kim Hyo Yeon ini tercatat belajar balet, hip hop, tari perut, popping, bahkan locking. Sebelum debut dengan Girls' Generation, Hyoyeon telah bekerja dengan Janet Jackson dan jadi penari BoA selama pertunjukan di Mnet KM Music Festival 2005.

Hyoyeon merilis lagu solo pertamanya berjudul Mystery pada Desember 2016 melalui SM Station dan Wannabe pada 2017. Ia sempat membintangi reality show Invincible Youth bersama Bora SISTAR, Suzy Miss A, Jiyoung KARA, dan Yewon Jewelry.

Perempuan kelahiran 22 September 1989 ini merupakan salah satu kontestan acara survival Mnet Hit The Stage pada 2016. Hyo adalah namanya panggung sebagai DJ saat mempromosikan tur klub domestik dan konser EDM.

3 dari 5 halaman

Seulgi dan Wendy Red Velvet

Mengutip laman fandom Red Velvet, Seulgi mengikuti audisi SM Entertainment saat berusia 13 tahun. Ia berlatih menyanyi, menari, dan memainkan berbagai alat musik selama tujuh tahun sebelum debut bersama Red Velvet.

Sebagai trainee, Seulgi muncul di K-POP Boot Camp ABC News di Australia. Hingga pada 2014, ia diumumkan sebagai anggota girl grup Red Velvet. Pada Januari 2015, ia membintangi musikal agensi berjudul School Oz, memainkan peran utama Dorothy.

Pada Juli 2016, Seulgi merilis lagu Don't Push Me dengan Wendy sebagai bagian dari OST drama Uncontrollably Fond. Seulgi, Wendy, dan artis SM lain merilis single digital berjudul Sound of Your Heart untuk SM Station.

Pada Januari 2017, ia merilis lagu You're the Only One I See bersama Wendy sebagai bagian dari OST drama, Hwarang: The Poet Warrior YouthIdol kelahiran 10 Februari 1994 ini juga merilis duet berjudul Darling U dengan Yesung Super Junior pada 22 Januari, sebagai bagian dari SM Station.

Pemilik nama Son Seung Wan ini merupakan main vocalist Red Velvet. Pada usia 12 tahun, Wendy dan saudara perempuannya pindah untuk tinggal di Amerika Serikat, kemudian Kanada. Saat tinggal di sana, ia mulai menggunakan nama Wendy Son dan belajar berbicara bahasa Inggris, Prancis, dan Spanyol.

Setelah lulus SMA pada 2012, perempuan kelahiran 21 Februari 1994 ini pindah ke Korea Selatan untuk membangun karier sebagai penyanyi profesional. Sebelum ini, yakni pada 2010, ia mengikuti audisi online untuk "Koreaboo: Cube Entertainment Global Auditions 2011."

Ia dipilih dari lebih dari lima ribu video oleh Koreaboo dan Cube Entertainment untuk melanjutkan ke babak final di Vancouver, British Columbia, Kanada. G.NA secara pribadi memilih 15 finalis dengan Koreaboo untuk membuka showcase solo pertamanya, yang diadakan di Vancouver, BC, Kanada.

Pada 2012, ia mengikuti audisi SM Global Audition di Kanada dan diakui karena musikalitasnya. Ia mampu memainkan beberapa instrumen, serta memiliki keterampilan vokal yang kuat.

Selain bersama Red Velvet, Wendy juga berkolaborasi dengan rapper Yuk Ji-dam untuk lagu Return, salah satu OST drama Who Are You: School 2015. Ia juga merilis lagu lain Let You Know untuk soundtrack drama JTBC D-Day.

Wendy pun sempat merilis single kolaborasi dengan Eric Nam berjudul Spring Love pada Maret 2016, sebagai bagian dari S.M. Proyek SM Station Entertainment.

4 dari 5 halaman

Karina dan Winter aespa

Karina merupakan leader, sekaligus main dancer grup penerima penghargaan Female Rookie of the Year Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021. Melansir situs web fandom aespa, sebelum debut, perempuan kelahiran 11 April 2000 ini aktif di media sosial.

Ia direkrut seorang manajer casting SM dan jadi trainee pada 2016. Pada Februari 2019, Karina muncul di video musik Want Taemin SHINee dan bertindak sebagai penari untuk panggung promosi lagu tersebut. Pada 1 November 2020, ia tampil bersama Kai EXO untuk showcase virtual yang diadakan Hyundai Motors.

Pada 27 Oktober 2020, SM Entertainment mengungkap Karina sebagai member kedua dari aespa. Di MAMA 2021, Karina membuka acara penghargaan bersama beberapa idol generasi ke-4 dengan penampilan tarian kolaborasi spesial.

Pada 26 Oktober 2020, SM Entertainment mengungkap pemilik nama asli Kim Min Jeong ini sebagai member pertama aespa. Pada 4 November, avatar-nya æ-WINTER terungkap melalui video SYNK, WINTER.

Pada 6 Desember, Winter menampilkan ID; Peace B di MAMA untuk ulang tahun ke-20 karya BoA tersebut. Winter berkolaborasi dengan Raiden saat SMTOWN LIVE Culture Humanity Online Concert pada 1 Januari 2021.

Keduanya membawakan lagu milik Raiden dan Chanyeol, Yours, yang menunjukkan kemampuan vokal perempuan kelahiran 1 Januari 2001 itu. Winter membuat penampilan khusus dalam video musik untuk single remake Kangta Free To Fly 2021 yang dirilis pada 14 Juli 2021.

5 dari 5 halaman

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea