Sukses

6 Negara Lagi yang Bisa Berkunjung ke Singapura Tanpa Karantina

Liputan6.com, Jakarta - Singapura memutuskan ada enam negara lain yang bisa berkunjung ke negaranya tanpa karantina. Mereka adalah wisatawan yang datang dari Indonesia, Thailand, Kamboja, Fiji, Maladewa, Sri Lanka, Turki.

Wisatawan dari negara tersebut dapat memasuki Singapura bebas karantina. Rencana tersebut dapat terlaksana mulai pertengahan bulan depan dengan peluncuran enam jalur perjalanan yang divaksinasi (VTL), Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) mengatakan pada Jumat, 26 November 2021, seperti dilansir dari laman AsiaOne, Sabtu (27/11/2021).

Ini akan menjadikan jumlah total VTL udara yang diumumkan sejauh ini menjadi 27 negara. Sebelum pandemi, 27 negara ini berkontribusi sekitar 60 persen dari total kedatangan harian di Bandara Changi, kata CAAS.

Jalur perjalanan baru akan semakin memperluas jaringan Changi dan membantu merebut kembali dan membangun kembali status Singapura sebagai pusat penerbangan internasional dengan konektivitas global, CAAS menambahkan.

Wisatawan dari Thailand dapat memasuki Singapura di bawah VTL mulai 14 Desember 2021. Wisatawan dari Kamboja, Fiji, Maladewa, Sri Lanka, dan Turki dapat memasuki Singapura di bawah VTL mulai 16 Desember 2021.

Anak-anak berusia 12 tahun ke bawah pada tahun kalender yang tidak divaksinasi akan diizinkan untuk melakukan perjalanan di bawah VTL ke Singapura, Namun, mereka harus ditemani oleh seorang pelancong VTL yang memenuhi semua persyaratan VTL.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kategori Dua

Thailand, Kamboja, Fiji, Maladewa, Sri Lanka, dan Turki semuanya termasuk dalam Kategori Dua klasifikasi risiko Covid-19 dari Kementerian Kesehatan untuk tindakan perbatasan. Mereka juga memiliki tingkat insiden Covid-19 yang serupa atau lebih rendah daripada Singapura dan negara-negara VTL lainnya.

Kamboja, Maladewa, Sri Lanka, dan Thailand telah membuka perbatasan mereka untuk perjalanan umum bebas karantina bagi pelancong yang divaksinasi. Warga Singapura yang divaksinasi lengkap dapat melakukan perjalanan ke Thailand tanpa karantina sejak 1 November dan ke Kamboja sejak 15 November.

Turki juga telah membuka perbatasannya untuk perjalanan vaksinasi bebas karantina dari Singapura dan perluasan skema VTL ke negara itu akan memungkinkan Singapura untuk terhubung dengan pusat penerbangan besar lainnya.

 

3 dari 4 halaman

VTL Udara

Sementara itu, Fiji akan membuka kembali perbatasannya untuk pelancong yang divaksinasi dari Singapura. Sementara 39 negara lainnya mulai 1 Desember 2021,

Mulai Senin 29 November, VTL udara dengan Kuala Lumpur, Indonesia, India, Swedia dan Finlandia juga akan dimulai. Tiga VTL lagi, dengan Arab Saudi, Qatar dan Uni Emirat Arab, akan dimulai pada 6 Desember 2021.

Sementara itu, mereka yang berkunjung dengan  menggunakan aplikasi akan dimulai pada 29 November 2021. Anda berada di mana?

 

4 dari 4 halaman

Infografis Covid-19 Varian Delta Plus Muncul di Singapura dan Malaysia