Sukses

Operator Shinkansen Luncurkan Layanan Ngantor Gratis, Penumpang Bisa Kerja di Gerbong Kereta

Liputan6.com, Jakarta - East Japan Railway Co (JR East) meluncurkan layanan 'mobil kantor' di beberapa rute shinkansen tertentu yang menghubungkan Tokyo dan beberapa bagian di utara dan tengah Jepang. Paket itu merupakan jawaban dari meningkatnya permintaan gaya kerja baru selama pandemi Covid-19.

Paket disediakan tanpa biaya tambahan dan hanya tersedia pada hari biasa. Sejauh ini, layanan itu tersedia untuk penumpang shinkansen di gerbong 8 dengan rute Tohoku Joetsu, dan Hokoriku. 

Para pengguna layanan sekarang bisa berbicara di telepon maupun berpartisipasi di rapat virtual dari tempat duduk masing-masing. Sementara, penumpang di gerbong lainnya dilarang melakukannya.

"Kami ingin mendukung cara baru bekerja yang tidak terikat waktu dan tempat," kata pejabat JR East, yang memulai layanan pada Senin, 22 November 2021, setelah sukses menjalankan uji coba, dikutip dari Japan Today, Selasa (23/11/2021).

Stiker 'mobil kerja' dipasang di pintu gerbong 8. Tersedia leaflet yang menjelaskan layanan tersebut di masing-masing kursi.

Sementara itu, staf JR East mendemonstrasikan bagaimana ia bisa bekerja jarak jauh di gerbong kereta. Masing-masing penumpang nantinya akan dipinjamkan headphone peredam bunyi agar bisa mengikuti rapat atau berhubungan tanpa terganggu dengan penumpang lain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Gratis

Penumpang juga akan bisa meminjam 'kaca pintar' yang memproyeksikan konten di layar laptop mereka sebelum dipantulkan ke mata. Di kereta cepat jurusan Tohoku, penumpang juga bisa menggunakan pembatas kecil yang bisa diletakkan mengelilingi meja.

Fitur itu akan tersedia gratis. Sementara, JR East masih mempertimbangkan penyediaan fitur itu untuk rute Hokoriku dan Joetsu.

Ruang kerja jarak jauh di shinkansen juga tersedia di shinkansen rute Hokkaido yang terhubung langsung dengan rute Tohoku. Namun, operator layanan kereta cepat itu berbeda.

 

 

3 dari 4 halaman

Pengaruh Pandemi

JR East berharap layanan baru itu akan membantu orang-orang dalam perjalanan 'workation', yakni mengombinasikan bekerja online dan perjalanan. Hal itu juga diharapkan menstimulasi permintaan untuk perjalanan bisnis yang menurun karena kondisi pandemi Covid-19.

JR East sengaja tak menyediakan layanan di akhir pekan, libur nasional dan musim liburan Tahun Baru untuk menghindari penumpukan penumpang. Saat ini, tampilan eksterior gerbong tersebut dan kursi penumpang tidak diubah. Namun, operator mempertimbangkan untuk mendesain ulang di masa mendatang.

Sebelum JR East, operator shinkansen lainnya, yakni Central Japan Railway Co dan West Japan Railway Co telah mencoba memperkenalkan ruang kerja di gerbong kereta sejak Oktober 2021 di kereta supercepat Nozomi. Uji coba dilakukan di jalur Sanyo dan Tokaido yang melewati beberapa kota besar Jepang, seperti Tokyo, Nagoya, Osaka, dan Fukuoka.

4 dari 4 halaman

Kereta-Kereta Tercepat