Sukses

Belajar dari Youtube, Penjual Es Semangka India Bisa Hasilkan Rp4 Juta Sehari

Ia ingin menjual jajanan yang belum pernah ada di Indonesia, hingga tercetuslah es semangka dari India.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan media sosial seperti Twitter dan YouTube bisa mendatangkan manfaat atau sebaliknya. Hal itu tentunya bergantung dari pengguna itu sendiri. Bagi seorang pemuda bernama Dimas, YouTube bisa menjadi sumber inspirasi untuk membuka bisnis.

Dengan membuka bisnis minuman, ia bisa meraup untung besar, bahkan sampai Rp4 juta setiap harinya. Berawal dari keinginan Dimas membuka bisnis kuliner unik.

Ia ingin menjual jajanan yang belum pernah ada di Indonesia, hingga tercetuslah es semangka dari India. Setelah dicoba, jajanan es ini ternyata diminati masyarakat.

"Kita cari yang aneh dan unik aja, di Indonesia itu yang belum ada apa? Kita cari, kebanyakan orang minta jajanan kan yang aneh-aneh. Kayak es pong-pong tuh berasep-asep," ucap Dimas, seperti diunggah dari akun Youtube ‘Jajan Ranger’, Minggu, (21/11/2021).

"Saya lihat di YouTube es semangka India. Kayaknya belum ada di Indonesia. Jadi coba-coba deh," sambung pria yang berjualan di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur ini.

Dalam sehari, Dimas mengaku bisa menghabiskan sampai 50 semangka sebagai bahan dasar membuat es semangka India. "Sehari bisa 50 semangka, kalau lagi banyak (pembeli) semangkanya bisa lebih lagi," ungkapnya.

Es semangka India merupakan perpaduan dari jus semangka, potongan semangka segar, sirup, dan gula.  Untuk menunya, ia bedakan menjadi dua, yaitu spesial dan reguler. Untuk yang spesial, Dimas menambahkan sirup dan susu segar, dijual seharga Rp8 ribu. Untuk yang reguler harganya lebih murah, yaitu Rp5 ribu saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akhir Pekan Lebih Ramai

Kini Dimas punya empat cabang dan satu kemitraan yang berada di beberapa wilayah di Jakarta, dengan total karyawan sebanyak 15 orang untuk seluruh cabang.  Dimas merasa bersyukur dirinya bisa menghasilkan pendapatan sebanyak Rp3 juta sampai Rp4 juta per hari.

Untuk akhir pekan, penghasilannya bisa lebih lagi. Setiap harinya, Dimas bisa menghabiskan sampai 200 butir semangka untuk semua outletnya.

"Alhamdulillah, hari biasa omzetnya bisa Rp3 juta sampai Rp4 juta. Kalau Sabtu Minggu lebih banyak lagi, kita bisa tembus sampai Rp5 juta lebih," ungkap Dimas.

3 dari 4 halaman

Ingin Membuat Menu Baru

Kedepannya, Dimas ingin memiliki cabang es semangka India di seluruh wilayah Jabodetabek, Dalam waktu dekat ini ia akan meluncurkan menu baru bernama es semangka Nano, namun belum mau mengungkapkan seperti apa bentuk dan rasanya.

Ia berharap dagangan barunya nanti bisa sukses seperti es semangka India miliknya. Sampai berita ini ditulis, video penjual es tersebut sudah disaksikan lebih dari 3 juta kali dan disukai lebih dari 23 ribu kali.

Banyak warganet yang memberi komentar, sebagian besar memuji usaha pemuda tersebut yang jeli dalam memilih usaha dan mau belajar.

"Justru pekerjaan2 yg seperti yg kebanyakan dianggap org sepele dan dipandang sebelah mata,omset nya luar biasa.. temen saya jualan es tebuh aja bisa dapet untung bersih 9jtaan perbulan 👍👍," komentar seorang warganet. "Salut ama pemuda yg bisa dan mau buka usaha sendiri..👏🏻," komentar warganet lainnya.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.