Sukses

Simak 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Tumbuh Kembang Anak

Kaya akan nutrisi, inilah sederet manfaat kacang kedelai untuk anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Di masyarakat tertentu, kedelai menjadi makan malam andalan sejak awal. Namun, di Amerika Serikat, banyak orang yang tidak mengenal sumber makanan dari kacang kedelai seperti tahu, miso, dan susu kedelai, ada juga yang masih khawatir dengan keamanannya.

Dilansir Dr Health Benefits, Rabu (3/11/2021), Varietas makanan kedelai seperti tahu dan susu kedelai adalah protein yang sangat baik seperti daging. Oleh karena itu, kedelai mengandung semua asam amino yang baik bagi anak dan tentunya bisa didapatkan dari makanan.

Anak-anak juga membutuhkan suplemen seperti edamame yang kaya akan serat dan zat besi. Terlebih lagi, fakta menunjukkan bahwa kedelai menjadi salah satu alergen teratas, dan salah satu penyebab anak-anak tumbuh dengan sehat.

Berikut beberapa manfaat dari kacang kedelai untuk anak-anak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sumber Protein yang Baik

Kedelai dipandang setara dengan varietas makanan hewani dalam kualitas protein nabati yang dianggap berbeda dengan protein hewani. Studi pengujian telah menunjukkan bahwa isolat protein kedelai pada umumnya akan menurunkan kadar kolesterol, pada orang-orang dengan tingkat yang umumnya tinggi, sementara protein dari sumber hewani dapat meningkatkan kadar kolesterol.

3 dari 7 halaman

2. Kesehatan Tulang

Kacang kedelai memiliki zat gizi dan mineral yang tinggi dan kadar kalsium, magnesium, tembaga, selenium, dan seng yang tinggi, sehingga sangat penting untuk berbagai siklus dalam tubuh, terutama untuk tulang. Komponen-komponen ini sangat penting untuk meningkatkan gerakan osteotropik, dan mempertimbangkan masalah-masalah baru yang belum terselesaikan dan selanjutnya mempercepat sistem pemulihan tulang.

4 dari 7 halaman

3. Pengganti yang Baik untuk Anak-anak dengan Intoleransi Laktosa

Produk kedelai bebas dari laktosa. Anak-anak yang tidak toleran laktosa tidak membuat laktase yang cukup untuk memproses laktosa dalam susu. Sedangkan susu kedelai yang terbuat dari kacang kedelai dapat menjadi pengganti susu yang luar biasa untuk anak-anak yang intoleran laktosa.

5 dari 7 halaman

4. Rendah Lemak dan Kalori

Produk kedelai umumnya lebih rendah lemak dan kalori bila dibandingkan dengan jenis makanan daging dan susu. Sementara anak-anak mungkin memerlukan jumlah lemak yang lebih tinggi untuk pengendalian berat badan mereka, sehingga anak-anak tidak perlu repot dengan lemak tambahan dalam pola makan sehari-hari. Dengan menjaga sumber makanan anak yang rendah lemak dan kalori, orang tua dapat membantu anak dalam menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi bahaya obesitas pada anak.

6 dari 7 halaman

5. Mengandung Nutrisi Esensial

Kacang kedelai kaya nutrisi penting yang dibutuhkan anak-anak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, pastikan anak tidak sensitif terhadap kacang kedelai untuk menghindari komplikasi.

Itulah beberapa manfaat kacang kedelai saat masa pertumbuhan anak-anak. Sebaiknya orangtua menyiapkan formula yang sesuai untuk anak agar mendapatkan manfaatnya.

Penulis: Vania Dinda Marella

7 dari 7 halaman

Infografis 5 Poin Penting Cegah Penularan Covid-19 pada Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.