Sukses

Sosok Emiloa Dobreva, Finalis Miss Universe Uni Emirat Arab 2021 yang Kuasai 6 Bahasa

Dari 30 finalis Miss Universe UEA, figur Emiloa Dobreva dinilai cukup menyita perhatian

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Miss Universe perdana digelar di negara Arab. Kontes kecantikan ini secara resmi akan diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 7 November mendatang.

Tidak heran perhatian publik mulai tersita karena penyelenggaraan acara tersebut. Ini merupakan kali pertama setelah 70 tahun diadakan sebuah negara Arab menggelar acara Miss Universe.

Dalam minggu-minggu menjelang final Miss Universe Uni Emirat Arab (UEA), sosok 30 finalis yang akan berkompetisi pun mendapat sorotan. Mereka akan mengikuti beberapa kegiatan pra-kontes, seperti pemotretan, tantangan runway, serta pemotretan komersial.

Dari nama-nama itu, ada satu finalis yang cukup menyita atensi: Emilia Dobreva. Emilia adalah seorang model yang lahir di Pristina, Kosovo. Saat ini, ia tinggal di Nad Al Sheba, Dubai.

Melansir Conan Daily, Jumat (29/10/2021), ia memulai karier sebagai model sejak 2009. Sepanjang menjadi model, perempuan bertinggi badan 180 sentimeter ini pernah tampil di sampul beberapa majalah.

Emilia juga pernah mengikuti sejumlah kontes kecantikan. Pada 2016 misalnya, ia mewakili Rusia di ajang Miss Union Baku 2016. Di kontes kecantikan itu, ia keluar sebagai runner-up kedua.

Lalu pada 2019, Emilia mewakili Serbia di Miss Friendship International 2019. Di kontes itu, ia kampiun sebagai pemenang dan berhasil mengalahkan 45 finalis dari berbagai belahan dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tinggal di UEA

Di bidang pendidikan, wanita berusia 24 tahun itu dikenal sebagai sosok yang cerdas dan berbakat. Kabarnya, ia menguasai enam bahasa asing, termasuk Inggris dan Mandarin.

Emilia memperoleh gelar sarjana di bidang desain fesyen dari Istituto Marangoni, Milan, Italia. Selain itu, ia juga memperoleh gelar sarjana di bidang jurnalistik.

Emilia kini memiliki bisnis fesyen bernama Dashuri.  Selain menjadi model dan pengusaha, ia juga menjalani kesehariannya sebagai presenter TV dan advokat kesehatan mental.

Menurut presiden Miss Universe UEA Josh Yugen, setiap perempuan minimal berusia 18 tahun yang tinggal di UEA dapat mendaftar menjadi kontestan. "Kami melihat keragaman dan kami ingin mereka mewakili semangat bangsa ini," tutur Josh.

3 dari 4 halaman

Memakai Hijab

Josh menyambung, "Ditunjuk sebagai presiden pertama dan National Director Miss Universe UAE yang bersejarah adalah suatu kehormatan besar." Namun, ia menyadari bahwa kekuatan besar datang dengan tanggung jawab yang besar pula.

Menurut Josh, Miss Universe UEA bukan hanya parade kecantikan atau perayaan kecerdasan. "Miss Universe UEA adalah teladan dari ratu yang memiliki tujuan dan hati untuk melayani dan membantu melalui advokasinya," ujar Josh.

Tak seperti gelaran Miss Universe atau kontes kecantikan lain, pihak penyelenggara tidak akan menggelar sesi baju renang. Ini merupakan bentuk penghormatan pada budaya di UEA.

Dalam perkenalan di Instagram official mereka, semua finalis juga mengenakan hijab yang menutupi rambut mereka. Para finalis dinilai memiliki ciri khas dan keunikan wajah masing-masing.

4 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.