Sukses

Pangeran William Tak Tertarik dengan Wisata Luar Angkasa

Pangeran William menanggapi tentang munculnya wisata luar angkasa. Ia mengatakan tak tertarik soal itu.

Liputan6.com, Jakarta - Perbincangan wisata luar angkasa dari para miliarder di dunia kian ramai. Wisata luar angkasa didorong oleh miliarder Elon Musk, Jeff Bezos, dan Sir Richard Branson.

Namun, Pangeran William mengatakan ia sama sekali tidak tertarik pada wisata luar angkasa. Bagi William, para miliarder harus fokus memperbaiki planet ini.

Ia mengatakan mereka yang terlibat dalam wisata luar angkasa harus fokus menyelamatkan  Bumi terlebih dulu, melansir dari laman Insider, Kamis, 14 Oktober 2021.

Pria berusia 39 tahun itu mengatakan kepada Adam Fleming dari BBC Newscast bahwa dia "sama sekali tidak tertarik" untuk pergi ke luar angkasa sendiri. Ia berharap para pemikir besar dunia akan bekerja untuk mengambil tindakan lingkungan.

William melihat ide tentang perlombaan luar angkasa saat ini bisa berjalan. "Padahal, kita membutuhkan beberapa otak dan pikiran terhebat di dunia untuk memperbaiki planet ini, bukan mencoba menemukan tempat berikutnya untuk pergi dan tinggal," kata William.

Hal itu sangat penting bukan menyerah dan pergi ke luar angkasa. Bagi William, penting untuk mencoba dan memikirkan solusi untuk masa depan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Penumpang

Pada Rabu, 13 Oktober 2021, Jeff Bezos menerbangkan empat penumpang termasuk William Shatner, aktor berusia 90 tahun yang memerankan Kapten James T. Kirk dalam "Star Trek," ke tepi luar angkasa dengan roket Blue Origin "New Shepard". Shatner membuat sejarah sebagai orang tertua yang mencapai titik ini, memecahkan rekor yang dibuat oleh penerbang berusia 82 tahun, Wally Funk.

Pada September 2021, William mengungkapkan 15 finalis untuk Penghargaan Earthshot perdananya, yang bertujuan untuk mengakui upaya mereka yang mencoba mengatasi masalah yang mempengaruhi planet ini, BBC melaporkan pada saat itu. Lima pemenang, yang masing-masing akan menerima hadiah 1 juta dolar AS atau Rp14 miliar akan diumumkan pada Oktober 2021.

Dalam TED Talk jarak jauh yang disampaikan dari Windsor pada Oktober 2020, William mengonfirmasi bahwa nama hadiah itu berasal dari program "Moonshot" Presiden AS John F Kennedy, yang menghasilkan manusia pertama yang berjalan di Bulan pada 1969.

"Kita harus memanfaatkan semangat kecerdikan dan tujuan manusia yang sama dan mengubahnya dengan fokus dan urgensi yang tajam pada tantangan paling mendesak yang pernah kita hadapi - memperbaiki planet kita," katanya saat itu.

3 dari 4 halaman

Biaya Iklim

Pangeran William  memberi tahu Fleming bahwa ada biaya iklim untuk penerbangan luar angkasa. Ia menambahkan bahwa kita harus memperbaiki planet ini untuk generasi muda yang mengalami peningkatan "kecemasan iklim" dan yang "masa depannya pada dasarnya terancam sepanjang waktu."

William mengatakan George, putranya sudah mulai peduli terhadap lingkungan dengan memungut sampah di sekolah. George bingung  dan kesal ketika mereka mengunjungi kembali tempat yang sama keesokan harinya dan hampir semua sampah sama yang ia ambil, muncul lagi.

William juga mengatakan bahwa ayahnya, Pangeran Charles, memiliki "jalan yang sulit" untuk membahas advokasi iklim "sejak awal sebelum orang lain menganggapnya sebagai topik." Istana Kensington tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Insider.

4 dari 4 halaman

Infografis Kate Middleton - Pangeran William

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.