Sukses

Ini 5 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan gigi dan mulut sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang. Maka dari itu area itu perlu dijaga kesehatannya. Selain perawatan rutin ke klink gigi, kamu juga perlu merawatnya melalui makanan yang dikonsumsi. Dilansir dari liputan6, berikut makanan dan minuman yang baik untuk jaga kesehatan gigi.

Makanan sarat kalsium dan fosfor

Makanan yang mengandung kalsium bisa ditemukan pada susu, keju, kacang almon, dan daun-daunan.

Sedangkan makanan yang mengandung fosfor bisa kamu temukan di daging, telur, dan ikan. Menurut American Dental Association, makanan-makanan tersebut dapat menguatkan email gigi.

Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang sarat akan vitamin dan bergizi. Selain itu, mengonsumsi sayuran baik pula untuk kesehatan gigi dan mulut.

Pasalnya, sayuran berdaun hijau seperti kol, lobak, dan selada memberikan tubuh vitamin dan mineral untuk meningkatkan kesehatan mulut. Nutrisi yang ditemukan dalam sayuran hijau berupa vitamin A, vitamin C, beta karoten, fosfor, kalsium, dan magnesium.

Selain itu, brokoli mengandung banyak vitamin C dan fosfor. Fosfor dan mineral yang tersimpan dalam gigi dan tulang berperan membantu keseimbangan tubuh sekaligus menyerap kalsium dan magnesium.

Kismis

Kismis merupakan sumber pitokemikal yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi.

Jeruk

Beruntung bagi kamu penyuka jeruk. Pasalnya, buah yang kaya vitamin C ini mampu menyehatkan gusi, membantu membersihkan gigi, dan meningkatkan produksi air liur.

Teh

Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, polifenol memiliki antioksidan sepuluh kali lebih tinggi dibanding vitamin C. Sebuah penelitian oleh University of Illinois menyimpulkan, bahwa orang yang berkumur dengan teh hitam selama 10 menit sebanyak 10 kali sehari memiliki sedikit plak gigi dibanding mereka yang hanya berkumur dengan air putih.

Hal ini dikarenakan teh dapat menghalangi bakteri untuk berikatan satu dengan lainnya. Manfaat lain dari polifenol, khususnya pada teh hitam, adalah dapat menekan laju pertumbuhan bakteri penghasil komponen penyebab bau mulut.

Selain makanan di atas, kamu juga perlu menyikat gigi secara rutin. Bila perlu, kamu bisa berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung berbagai zat aktif seperti eucalyptol, menthol, methyl salicylate dan thymol sehingga dapat membantu mencegah dan mengurangi plak dan radang gusi (gingivitis).

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini