Sukses

Aturan Masuk ke Taman Nasional Kelimutu yang Dibuka Kembali Mulai 4 September 2021

Taman Nasional Kelimutu resmi dibuka kembali dan ada aturan yang perlu dipatuhi.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Nasional Kelimutu mengumumkan buka kembali bagi wisatawan mulai 4 September 2021. Pengumuman resmi tersebut disampaikan pengelola taman tersebut lewat akun media sosialnya.

Pembukaan taman tersebut karena Kabupaten Ende sudah turun ke level 3. "Berdasarkan surat rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kabupaten Ende dan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 37 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 , level 2, dan Level 1, serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 yang menyebutkan bahwa Kabupaten Ende turun level menjadi level 3. maka kami sampaikan bahwa kunjungan wisata ke Taman Nasional Kelimutu DIBUKA pada tanggal 4 September 2021," kata Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Hendrikus Rani Siga, dalam surat yang ditandatangani pada 3 September 2021.

Pembukaan kembali taman tersebut harus mengikuti beberapa ketentuan. Pertama, TN Kelimutu tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Kedua, jumlah pengunjung dibatasi sesuai aturan yang berlaku (PPKM Level 3 sebanyak 50 persen. Ketiga, wajib booking online tiket masuk kawasan TN Kelimutu. Keempat, tetap memperhatikan pengamanan dan kebersihan di kawasan TN Kelimutu.

Dengan pengumuman tersebut, warganet yang penasaran ingin mengunjungi TN Kelimutu bisa mempersiapkan diri. Selama ini banyak warganet yang menanyakan kapan taman tersebut dibuka kembali.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Masuk

Selain pemesanan tiket masuk secara online, ada aturan lain yang perlu dipenuhi oleh para pelancong. Pertama, isi form pendaftaran dengan lengkap dan jelas.

Kedua, booking online hanya dapat mendaftarkan lima orang dalam satu rombongan. Ketiga, pendaftaran dilakukan jam kerja pukul 07.30--17.00 setiap harinya.

Keempat, booking dilakukan minimal satu hari sebelum kedatangan. Kelima, form konfirmasi pengunjung wajib ditunjukkan ke loket bersama dengan identitas diri. Keenam, patuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, cuci tangan di tempat yang disediakan, jaga jarak dengan pengunjung lain, dan menjaga kebersihan kawasan wisata.

 

3 dari 4 halaman

Sempat Ditutup Sementara

Sebelumnya, TN Kelimutu sempat beberapa kali mengumumkan perpanjangan penutupan. Perpanjangan penutupan tersebut dilakukan karena kasus Covid-19 masih tinggi di Kabupaten Ende.

"Sobat Kelimutu berdasarkan hasil evaluasi dan koordinasi terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Ende dimana kasus terkonfirmasi positif yang masih tinggi, maka TN Kelimutu melakukan PERPANJANGAN PENUTUPAN KEGIATAN WISATA DI TN Kelimutu selama 14 hari terhitung mulai tanggal 21 Juli - 3 Agustus 2021, untuk mencegah penyebaran dan penularan covid-19 dari aktivitas wisata di Kelimutu," tulis akun Instagram @btn_kelimutu, 19 Juli 2021.

Kawasan Taman Nasional Kelimutu terletak di wilayah Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Taman ini memiliki danau yang terkenal yang dinamakan Danau Kelimutu. Danau tersebut berada di puncak Gunung Kelimutu (1690 mdpl). Kelimutu memiliki tiga danau yang terkenal akan warnanya yang dapat berubah-ubah dari hijau menjadi biru, hitam atau merah.

 

4 dari 4 halaman

4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.