Sukses

MRT Jakarta Hadirkan Layanan Psikologi dan Konseling Covid-19 Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Kolaborasi menjadi salah satu kunci melawan pandemi Covid-19. Sinergi ini juga terjalin antara MRT Jakarta Educourse untuk menyediakan layanan psikologis dan konseling Covid-19 secara daring tanpa dipungut biaya alias gratis.

Alur layanan psikologis dan konseling Covid-19 ini bermula dari pendaftaran, pemilihan kategori konsultasi, hingga pemilihan jadwal dan psikolog. Berlanjut dengan konsultasi via chatting atau voice call, serta konsultasi lanjutan jika memang dibutuhkan.

Untuk mengikuti layanan konsultasi ini, peserta dapat mendaftar melalui educourse.i-gen.co.id/mrt/. Dikutip dari laman Educourse, Kamis (5/8/2021), layanan ini adalah dukungan psikologi awal (DPA) dan PFA (Psychological First Aid).

Layanan ini diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19. Layanan konsultasi ini juga dapat digunakan dengan menghubungi psikolog melalui Servis Educourse.

Terkait praktiknya, ada 262 psikolog yang mendukung gugus tugas layanan Saluran Siaga Psikologi Covid-19. Layanan ini berdurasi 30 menit.

Jadwal layanan konsultasi terbagi atas empat bagian. Terdapat jam konsultasi pagi mulai 09.00--12.00, jam konsultasi siang mulai 13.00--15.00, jam konsultasi sore mulai 16.00--18.00, dan jam konsultasi malam 19.00--21.00.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tujuan Layanan

Saluran siaga layanan psikologi dan konseling Covid-19 ini bertujuan membantu mengatasi rasa kehilangan, serta mengatasi stres dan kecemasan. Layanan juga membantu mengelola Depresi dan mengatasi trauma.

Tujuan selanjutnya, yakni meningkatkan performa dan kejernihan mental. Yang terakhir, guna mendiagnosa dan membantu mengatasi gangguan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, bipolar, dan skizofrenia.

Saat mendaftar, Anda akan mengisi data diri, mulai dari email, nama lengkap, nomor telepon, tanggal lahir, pendidikan terakhir, institusi atau pendidikan atau tempat bekerja, domisili password, dan konfirmasi password. Setelah mengisi semua data diri, dapat klik sign up dan ikut arahan selanjutnya.

3 dari 5 halaman

Vaksinasi di MRT Jakarta 4--7 Agustus 2021

Selain layanan konsultasi, MRT Jakarta juga bersinergi untuk menghadirkan layanan vaksinasi Covid-19. Saat ini, layanan vaksinasi berlangsung mulai 4--7 Agustus 2021 dengan vaksin sinovac.

Vaksinasi Covid-19 ini berlangsung di Stasiun MRT Blok A mulai 08.00--15.00 WIB. Diutamakan bagi peserta yang mendaftar melalui aplikasi Jaki. Kuota terbatas bagi peserta yang mendaftar langsung di tempat.

Simak syarat dan ketentuan penerima vaksinasi publik:

1. Diutamakan untuk mendaftar melalui aplikasi Jaki dengan NIK pada Kartu Keluarga (12--17 tahun) dan KTP (usia minimal 18 tahun)

2. Dapat mendaftar langsung di lokasi dengan membawa Kartu Keluarga (12--17 tahun) dan KTP (usia minimal 18 tahun)

3. Kuota peserta yang mendaftar langsung di lokasi terbatas sesuai jumlah kupon antrean vaksinasi yang tersedia

4. Jika mendaftar melalui aplikasi Jaki, peserta membawa hasil print Kartu Kendali

5. Kondisi sehat, sedang tidak hamil, dan sudah sembuh minimal tiga bulan dari Covid-19 (jika pernah terpapar)

6. Membawa surat rekomendasi dari dokter rawat apabila sedang dalam penanganan penyakit

7. Bagi peserta vaksin dosis satu tidak pernah terdaftar sebagai penerima vaksin sebelumnya

8. Membawa KTP asli

Syarat penerima dosis kedua:

1. Minimal 28 hari sejak menerima vaksinasi dosis satu (wajib)

2. Jenis vaksin dosis satu adalah Sinovac

3. Membawa Kartu Vaksinasi Covid-19 (untuk melihat status pemberian vaksin dosis satu).

4 dari 5 halaman

Infografis Yuk Hindari 9 Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: