Sukses

SBY Buat Lukisan di Momen Ulang Tahun Ani Yudhoyono

Liputan6.com, Jakarta - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuat sebuah lukisan untuk memperingati ulang tahun mendiang istri Ani Yudhoyono pada Selasa, 6 Juli 2021. Kado spesial yang dipersembahkan Presiden RI ke-6 ini mengabadikan pemandangan kala senja menyapa.

Momen tersebut terlihat dari video berdurasi satu menit dan 52 detik yang diabadikan di akun Instagram resmi putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono atau yang akrab disapa AHY. SBY berdiri tepat di sebelah lukisan dengan beberapa pulasan warna yang berbeda.

Di hadapannya terdapat meja putih yang dipenuhi oleh cat beragam warna, kuas-kuas berbagai ukuran hingga peralatan melukis lainnya. Tepat di bawah lukisan, terdapat potret inspirasi dari lukisan yang SBY buat.

Dalam video SBY menyampaikan, 6 Juli adalah tanggal kelahiran istri tercintanya. SBY dan keluarga biasanya ziarah saat mengenang hari kelahiran mendiang Ani Yudhoyono di TMP Kalibata.

SBY melanjutkan, kali ini ziarah tidak dapat dilakukan karena ia dan keluarga menghormati PPKM yang diterapkan oleh pemerintah. Sebagai gantinya, ia mengenang Ani Yudhoyono lewat lukisan pemandangan tersebut.

"Sebagai gantinya, siang dan sore ini saya melukis dan lukisan ini, meskipun dunianya berbeda, dengan izin Allah saya persembahkan untuk istri tercinta," kata SBY dalam video.

2 dari 5 halaman

Hasil Jepretan Ani

Lukisan yang dibuat, dikatakan SBY, sebenarnya adalah potret hasil jepretan istrinya pada 2015 lalu. "Oleh karena itu, tepat di hari kelahiran, siang dan sore hingga sekarang ini saya melukis sebuah pemandangan yang indah dan manis," jelasnya.

Sembari melukis, SBY juga mengirimkan surat Al-Fatihah untuk mendiang Ani. "Semoga istri tercinta hidup tenang di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala," tambahnya.

"Itu saja yang ingin saya sampaikan kepada teman-teman, terutama para sahabat almarhumah," tutup SBY.

Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital, Singapura pada Sabtu, 1 Juni 2019. Ani mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan kanker leukemia yang dideritanya.

Mantan Ibu Negara ini dimakamkan di Taman Pemakaman Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada 2 Juni 2019. Ani dikebumikan di sebelah istri Presiden RI ke-3 Habibie, Hasri Ainun Habibie.

3 dari 5 halaman

Lagu Seruling di Lembah Sunyi

Untuk merawat kenangan pada Ani Yudhoyono, SBY mengaktifkan kembali Instagram dengan nama Ani Yudhoyono In Memoriam dalam acara "Mengenang Setengah Tahun Berpulangnya Almarhumah Ani Yudhoyono". Acara ini digelar enam bulan setelah kepergian Ani, tepatnya pada 1 Desember 2019 di Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat.

Akun Instagram Ani Yudhoyono In Memoriam akan menghadirkan kembali semangat juang dan cinta kasih Ani dalam menunaikan bakti sebagai perempuan, putri prajurit, istri, ibu, nenek, serta Ibu Negara Presiden RI ke-6. Akun Instagram ini diharapkan dapat mengobati kerinduan publik akan sosok Ani sekaligus menginspirasi Indonesia untuk terus berjuang jadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, SBY juga mempersembahkan tembang lawas bertajuk Seruling di Lembah Sunyi yang juga menjadi unggahan perdana di akun Instagram Ani Yudhoyono In Memoriam. SBY menyanyikan langsung tembang yang diciptakan oleh V. Nanda Leimena dan aransemen musik oleh Tohpati tersebut.

Lewat bait dan lirik lagu, SBY mengungkapkan keindahan rasa cintanya, rasa kehilangan, sekaligus rasa terima kasih untuk Ani Yudhoyono. "Saya harus memulihkan hati saya, membangun kembali harapan saya. I have to reinventing my new life," kata SBY dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

4 dari 5 halaman

Aturan Pembatasan PPKM Darurat Jawa Bali

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: