Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Berulang Tahun ke-494 dan 13 Kali Ganti Nama, Simak 6 Fakta Menarik Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini yang menjadi perhatian tentang ulang tahun Jakarta yang ke-494, Selasa (22/6/2021). Mungkin publik masih banyak yang belum tahu bahwa sebelum dikenal dengan nama Jakarta, kota ini sudah berganti nama sebanyak 13 kali.

Pada abad ke-14 kota ini disebut Sunda Kelapa, kemudian ganti nama menjadi Jayakarta oleh Fatahilah. Saat Belanda berkuasa pemerintah kota bernama Stad Batavia, kemudian berubah menjadi 'Gemeente Batavia', dan Stad Gemeente Batavia.

Selain tentang Jakarta, ada berita tentang enam fakta menarik tentang Pematangsiantar. Dari enam fakta itu salah satunya tentang nama asli Kota Siantar disebut Siattar.

Asal usul nama Siattar itu berasal dari nama sebidang tanah di “attaran” di Pulau Holong. Dalam bahasa Simalungun "attar" ditambah akhiran “an” berarti kata unjuk untuk sebuah wilayah.

Berikutnya mengenai Kantor Pos Cikini yang bersejarah. Bangunan yang dibangun sebelum 1920 itu berarsitektur Art Deco.

Arsitektur tersebut merupakan aliran gaya arsitektur yang sangat populer pada awal abad 20 di Eropa, dengan cirinya elemen bangunan dibuat dengan konsep dekoratif. Hingga saat ini Kantor Pos Cikini masih berdiri dengan kokoh.

Ketiga berita tersebut terangkum dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut potongan ulasannya.

Berulang tahun ke-494 dan 13 Kali Ganti Nama, Simak 6 Fakta Menarik Jakarta

Jakarta atau secara resmi bernama Daerah Khusus Ibukota Jakarta disingkat DKI Jakarta merupakan ibu kota negara Indonesia. Jakarta adalah satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi.

Letak Jakarta berada di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Jakarta memiliki luas wilayah sekitar 664,01 kilometer persegi. Kota ini merupakan kota terpadat di Indonesia dengan jumlah penduduk sebanyak 11.100.929 jiwa pada 2020. Wilayah metropolitan Jakarta yakni Jabodetabek yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, adalah metropolitan terbesar di Asia Tenggara bahkan berada pada urutan kedua di dunia.

Selanjutnya...

6 Fakta Menarik tentang Pematangsiantar, Tempat Kelahiran Pendiri Kantor Berita Antara

Pematangsiantar atau biasa sering disingkat Siantar merupakan kota di Provinsi Sumatra Utara. Letaknya termasuk strategis karena dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatra.

Siantar memiliki luas wilayah 79,97 kilometer persegi. Kota ini hanya berjarak 128 km dari Medan dan 50 km dari Parapat, sehingga sering menjadi kota perlintasan bagi wisatawan yang hendak menuju Danau Toba. Pada 2019, jumlah penduduk di kota ini sebanyak 255.317 jiwa dengan proporsi laki-laki 124.533 jiwa dan perempuan 130.784 jiwa.

Selanjutnya...

Lebih Dekat dengan Kantor Pos Cikini yang Bersejarah Saat Ulang Tahun Jakarta

 

Kita memperingati ulang tahun Jakarta hari ini yang ke-494, Selasa, 22 Juni 2021. Di usianya yang ratusan tahun, banyak bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh di Jakarta, salah satunya Kantor Pos Cikini.

"Dibangun pada tahun 1920, Kantor Pos Cikini merupakan salah satu bangunan di Jakarta yang memiliki design art deco, gaya design ini sangat populer di Eropa waktu itu," tulis akun Instagram @disprekrafdki, 13 Juni 2021.

Selanjutnya...

 

2 dari 3 halaman

Infografis Jakarta Bangkit di HUT Ke-494 DKI

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: