Sukses

Kisah Pria Thailand Turunkan Berat Badan hingga 80 Kg Selama Setahun

Karena obesitas, pria Thailand itu sering jatuh saat berjalan. Berat badan tertingginya adalah 156 kg.

Liputan6.com, Jakarta - Obesitas jadi masalah global. Tak hanya terjadi di Indonesia, masalah berat badan berlebih juga bisa ditemui di Thailand. Salah satunya dialami oleh Nes Chetragull..

Sejak kecil, ia sudah berjuang melawan obesitas. Puncaknya, berat badan pria itu mencapai 156 kg dan sering kali tidak bisa tidur di malam hari. Dia juga sering jatuh saat berjalan.

Muak dengan obesitas yang dialaminya, ia menangani masalah kesehatannya sendiri dan memulai program penurunan berat badan. Setahun kemudian, berat badannya benar-benar berubah dari kondisi sebelumnya.

Dalam sebuah unggahannya di Facebook pada 6 Juni 2021, yang sejak itu menjadi viral, ia memamerkan fotonya saat berdiri di dalam kaki celana lamanya. "Setelah setahun, sekarang beratku 75kg," dia berbagi fotonya dengan gembira.

Unggahan lain menunjukkan dia berpose dengan jaket denim tua, sekarang setidaknya jaket itu dua kali lebih lebar darinya. Namun, jalan menuju hidup yang lebih sehat tidaklah mudah, tambahnya.

Dari Agustus 2019 hingga Juli 2020, dia memangkas semua makanan yang dia nikmati. Ia menekan keinginannya ngemil, seperti gorengan, camilan manis, makanan penutup tradisional Thailand, dan teh susu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga

Ia membatasi dirinya hanya pada porsi kecil makanan sehat. Salah satu foto menunjukkan sarapannya terdiri dari 150 gram nasi dan 300 gram dada ayam cincang dengan daun kemangi.

Dia juga mulai berolahraga. Ia mengawalinya dengan berjalan kaki selama satu atau dua jam sehari, selanjutnya ia bersepeda untuk olahraga.

"Saya sangat sungguh-sungguh menjalani penurunan berat badan ini," tulisnya.

3 dari 4 halaman

Makanan Sehat

Dia menghentikan program penurunan berat badan yang ketat setelah 10 bulan. Namun, dia konsisten mempertahankan fisiknya dengan berolahraga secara teratur dan makan sehat.

Dia mendorong orang lain untuk memilihl bentuk olahraga yang "paling nyaman" untuk kehidupan sehari-hari mereka. Ia menekankan pentingnya membakar kelebihan kalori dan tidak lupa untuk "makan hanya makanan sehat".

"Saya berharap Anda semua sukses!" ujarnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.