Sukses

Pesanan BTS Meal Membludak, Layanan Pesan Antar McDonald's Sampai Ditutup

Antrean panjang di cabang McDonald's di berbagai tempat jadi fenomena tersendiri di hari peluncuran BTS Meal di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Minat masyarakat atas BTS Meal sangat tinggi. Baru saja diluncurkan hari ini, Rabu (9/6/2021), sejumlah aplikasi layanan pesan antar McDonald's sudah menutup layanan mereka. 

McDonald's Indonesia sebelumnya menyatakan paket BTS Meal baru tersedia pukul 11.00 pagi, waktu setempat. Tapi, berdasarkan penelusuran Liputan6.com, layanan tersebut di sebagian besar cabang McDonald's Jakarta sudah ditutup kurang dari sejam.

Sejumlah warganet juga mengungkapkan hal senada. Kolom komentar akun Instagram McDonald's Indonesia dipenuhi mereka yang mengaku harus menunggu lama untuk mendapatkan sepaket makanan hasil kolaborasi BTS dan McDonald's.

"yg d Bandung panjang antrian ojol sampe 50 orang," komentar salah satu warganet.

"Pak ojolku antri dari sejam yg lalu.. daerah samarinda antri sampe di luar²," tulis warganet yang lain, sekitar sejam lalu.

"Di cancel 3 kali ma babang grab... Mudahan bsok dpt," ujar warganet berbeda.

Unggahan lain juga memperlihatkan keramaian di McDonald's Cirebon. Dua cabang McD di kota udang itu sudah dipenuhi sopir ojek online sejak pukul 10 pagi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerumunan dan Antrean Panjang

Dalam video yang diunggah akun Instagram @sedulurojolperjuangan, terlihat antrean para driver sudah tak rapi saat hari beranjak siang. Pasalnya, kapasitas dalam restoran dibatasi dengan penataan kursi berjarak untuk menghindari kerumunan.

"Semua McD. Promo edisi BTS," jawab admin akun tersebut.

Mengingat perjuangan panjang membeli BTS Meal, sebagian warganet meminta agar para pemesan memberi tip lebih bagi tukang ojek yang mengantarkan pesanan mereka. Lainnya mengaku akan memesan nanti bila antrean tidak separah hari ini.

Di Bandung berbeda kasus. Saking membludaknya pesanan, McDonald's Kopo dikabarkan sampai didatangi Satgas Covid-19. Informasi tersebut dicuitkan oleh akun Twitter @ratrichibi.

Liputan6.com berusaha meminta konfirmasi terkait membludaknya pesanan tersebut kepada pihak McDonald's Indonesia. Namun hingga siang ini, belum ada respons dari yang bersangkutan.

3 dari 4 halaman

Hanya Dilayani Online dan Drive Thru

Sebelumnya, McDonald's Indonesia mengumumkan bahwa BTS Meal tersedia di seluruh gerai di Indonesia per hari ini. Ada beberapa cara untuk mendapatkan BTS Meal, membeli langsung atau lewat pesan antar. Kalau pun langsung, channel yang tersedia hanya via drive thru. Anda yang berkendara, baik sepeda, motor, hingga mobil, bisa langsung memesan di konter.

Sementara, via layanan online bisa diakses lewat aplikasi, call center, atau laman McDonald's, maupun via mitra pengantaran online. Pihak restoran tidak akan melayani pemesanan langsung, baik untuk makan di tempat atau dibawa pulang.

"Kami belum bisa melayani karena kami selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan konsumen dan karyawan. Fans BTS banyak sekali, untuk menghindari keramaian dan kerumunan, kami putuskan tidak jual secara langsung," ujar Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia, dalam BTS Meal Intimate Gathering, Selasa, 8 Juni 2021.

BTS Meal mulai dijual besok pada pukul 11 pagi waktu setempat. Sepaket menu BTS Meal berisi sembilan potong nuget ayam, french fries ukuran medium, minuman cola ukuran medium, dan dua saus spesial. Kedua saus yang terdiri dari cajun dan sweet chilli itu disebutnya merupakan saus kegemaran para anggota BTS.

"Ini harganya semua dengan minuman ukuran medium Rp45.455, tapi belum kena pajak. Kalau sudah kena pajak, harganya Rp50 ribu, untuk yang di drive thru. Kalau delivery, sedikit berbeda," ia menambahkan.

4 dari 4 halaman

Diplomasi Indonesia via Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.