Sukses

6 Area Penting yang Perlu Diperiksa Selama Membangun Rumah Baru

Beberapa area berikut penting diperiksa selama membangun rumah baru untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan membuat nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Membangun rumah baru sejatinya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Ada begitu banyak hal yang harus diperhatikan untuk membuat rumah impian dapat berdiri kokoh dan tidak mudah rusak.

Selain harus merogoh kocek yang cukup dalam, Anda juga perlu memperhatikan proses-proses pembangunan di area penting pada rumah baru Anda. Hal itu perlu diketahui supaya Anda tidak kecewa ketika sudah menempatkan rumah baru tersebut dan mendapat hasil yang maksimal.

Lantas, apa aja area penting yang perlu Anda periksa ketika membangun rumah baru? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari laman Asia One, Minggu, 6 Juni 2021, berikut ini.

1. Dinding

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam proses membangun rumah adalah dinding, karena area tersebut sangat mudah retak, cat terkelupas, atau ketidakkonsistenan permukaan lainnya. Untuk memperhatikan hal tersebut, caranya menandai titik-titik ini dengan sedikit selotip berwarna atau catatan tempel.

Jika hanya mengambil gambar, Anda bisa sangat sulit untuk mengetahui masalah pada rumah baru Anda. Selain itu, perlu diketahui dinding tidak boleh terasa lembap, lengket, atau terlalu kasar di beberapa bagian.

2. Lantai

Jangan lupa untuk perhatikan lantai saat proses pembangunan rumah baru Anda. Ini sama hal dengan pemeriksaan dinding, yang terbaik adalah memeriksanya dari jarak 1,5 meter, dengan sumber cahaya yang baik.

Jika Anda menggunakan lantai jenis keramik pada dapur dan toilet, perlu diperhatikan untuk melihat apakah ubin dimiringkan dengan benar. Hal itu karena air harus mengalir ke bawah lantai, dan tidak boleh membentuk genangan air di tempat lain di lantai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Langit-langit

Langit-langit atau plafon perlu diperiksa karena tidak boleh memiliki bekas kuas, retakan, atau perubahan warna yang terlihat. Jika terdapat noda atau masalah pada plafon dapat memungkinkan kebocoran ketika hujan.

Periksa lebih mendalam pada sambungan dinding dengan langit-langit dalam proses rumah baru Anda. Di area tersebut seharusnya tidak ada retakan atau celah, jika ada segera beritahu kepada ahli bangunan untuk segera membetulkannya.

4. Perlengkapan Toilet

Selanjutnya, periksa perlengkapan toilet rumah baru Anda, seperti wastafel, baskom, dan semua keran. Pastikan tidak ada keran yang terus menetes, setelah dimatikan. Hal tersebut bisa mengungkapkan masalah pipa seperti tekanan air rendah.

Untuk bak cuci dan baskom, periksa apakah air mengalir keluar dengan benar. Jika tidak segera memberitahu kepada yang ahli untuk membetulkannya. Jangan lupa periksa juga area di bawah wastafel, Anda dapat meletakkan koran di bawahnya sambil menjalankan keran, untuk memastikan tidak ada kebocoran.

3 dari 4 halaman

5. Listrik dan Pipa Ledeng

Ketika proses rumah Anda sudah mendekati sempurna, Anda perlu memeriksa setiap stop kontak yang berada di rumah baru. Gunakan pengisi daya telepon untuk menguji masing-masing, dan pastikan pengisi daya dapat dihidupkan dan dimatikan dengan benar.

Selain itu, periksa pula pipa toilet. Nyalakan keran dan biarkan mengalir selama beberapa menit, lalu jatuhkan beberapa tisu ke toilet dan siram. Jika Anda melihat tisu itu mengapung, berarti pipa Anda tersendat.

6. Pintu dan Jendela

Langkah terakhir yang penting diperiksa saat proses pembangunan rumah baru Anda adalah pintu dan jendela. Sebab, pintu dan jendela harus terbuka dan tertutup dengan lancar. Jika mereka "menempel" ketika Anda mencoba untuk menutupnya, itu berarti mereka kendur dan mungkin ada masalah dengan engselnya.

Selain itu, bentuk bingkai jendela melengkung juga dapat mencegahnya menutup dengan benar. Untuk pintu depan, Anda perlu memeriksa apakah gerbang utama dan pintu sejajar dengan benar. Apabila terjadi masalah seperti ada karat segera lapor kepada pekerja bangunan rumah Anda untuk memperbaikinya dengan benar. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.