Sukses

Ini Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Ketika beraktivitas biasanya muncul keringat berlebih. Hal itu bisa melahirkan bakteri dan memunculkan bau badan. Pasalnya, bakteri yang tercampur oleh keringat akan berkembang biar pada kulit dan menjadi zat asam sehingga mengeluarkan bau badan.

Bau badan kerap mengurangi kepercayaan diri seseorang. Apalagi jika sedang bekerja. Untuk mengatasinya ada cara yang mudah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut caranya.

Mandi

Solusi pertama yang bisa dilakukan adalah mandi secara rutin. Setidaknya kamu perlu mandi 2 - 3 kali sehari. Ini adala cara paling ampuh agar menghilangkan bau badan.

Hindari merokok

Merokok bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan bau tak sedap.  Pasalnya, senyawa kimia dari asap rokok memecah asam pada keringat.

Hal ini yang menyebabkan bau keringat perokok berpotensi lebih bau dibandingkan bau keringat bukan perokok.

Perbanyak minum air putih

Cara menghilangkan bau badan dengan cepat bisa dengan rutin mengonsumsi air putih. Minimal satu liter dalam satu hari. Minum air putih dipercaya dapat mempermudah proses metabolisme tubuh manusia.

Bakteri yang ada dalam tubuh manusia akan ikut terbawa ketika manusia mengeluarkan urine, maka efektif untuk cara menghilangkan bau badan dengan cepat. Namun, minum air putih ini juga harus dibarengi dengan lebih sering mengeluarkan urine.

 

Gaya hidup sehat

Mengubah kebiasaan menjadi hidup sehat merupakan cara agar tubuh tidak bau badan. Misalnya, dengan cara mengonsumsi buah - buahan dan sayuran.

Perlu diketahui, sayuran hijau mengandung banyak klorofil yang berguna untuk menghilangkan bau badan, karena dapat berfungsi sebagai deodoran alami.

Perlindungan maksimal

Terakhir agar terhindar dari bau badan, kamu bisa menggunakan deodoran yang mengandung zat yang bisa menangkal bau badan. Pilihlah deodoran yang memiliki aroma yang wangi dan mampu menjaga kamu selama 24 jam.

 

(*)