Sukses

Kerajaan Inggris Tandai Akhir Masa Berkabung Kematian Pangeran Philip

Pangeran Philip meninggal dunia pada 9 April 2021 di usia 99 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Masa berkabung resmi keluarga Kerajaan Inggris atas meninggalnya Pangeran Philip telah berakhir. Ketika suami Ratu Elizabeth II meninggal pada 9 April di usia 99 tahun, para bangsawan memulai masa berkabung selama dua minggu.

Melansir laman People, Minggu (25/4/2021), atas arahan Perdana Menteri Boris Johnson, Inggris juga memasuki masa berkabung nasional, di mana bendera dikibarkan setengah tiang dan kegiatan politik tertentu dihentikan sampai setelah pemakaman Duke of Edinburgh, Sabtu, 17 April 2021.

Keluarga kerajaan pun menghormati Pangeran Philip di halaman media sosial dengan mengganti foto profil ceria mereka dengan monogram atau simbol pihaknya. Pada Jumat, 23 April 2021, mereka kembali memasang foto biasa untuk menandai berakhirnya masa berkabung.

Pangeran William dan Kate Middleton pun sempat menukar foto tersenyum dengan ketiga anak mereka dari tahun lalu dengan monogram gabungan Duke dan Duschess of Cambridge. Mereka juga mengubah foto sampul di Twitter jadi potret hitam-putih Duke of Edinburgh.

Akun keluarga kerajaan, yang memberi informasi pembaruan tentang Ratu dan anggota keluarga lain, telah mengubah foto profil mereka jadi lambang Kerajaan Inggris.

Pangeran Charles dan Camilla, Duchess of Cornwall, yang memperingati ulang tahun pernikahan ke-16 di hari kematian Pangeran Philip, juga mengganti foto profil mereka.

Situs resmi keluarga Kerajaan Inggris, royal.uk, juga mengambil langkah serupa, mengganti tampilan penghormatan pada Pangeran Philip dengan latar belakang hitam. Namun, laman tersebut sekarang telah tampil seperti biasa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengambil Bagian dari Acara Terbatas

Selama masa berkabung, termasuk saat pemakaman Pangeran Philip di Kapel St. George di Kastil Windsor akhir pekan lalu, para bangsawan mengambil bagian dalam acara terbatas.

Ratu Elizabeth, yang berusia 95 tahun pada 21 April 2021, jadi tuan rumah upacara pensiun hanya empat hari setelah kematian Philip di Kastil Windsor untuk menghormati Earl Peel yang mengundurkan diri sebagai Lord Chamberlain seminggu sebelum Duke of Edinburgh meninggal, menurut Surat Edaran Pengadilan.

Kate Middleton dan Pangeran William secara mengejutkan menghadiri acara pada Rabu, 21 April 2021, yang punya kaitan erat dengan Pangeran Philip. Mereka mengunjungi Skuadron 282 (East Ham), Korps Pelatihan Udara di London Timur untuk mendengar lebih banyak tentang bagaimana pihaknya mendukung kaum muda untuk mengembangkan keterampilan hidup yang penting.

Pangeran Philip menjabat sebagai Kepala Komodor Udara dari Korps Pelatihan Udara selama 63 tahun hingga 2015, ketika ia menyerahkan perlindungan militer pada Kate yang jadi Komandan Udara Kehormatan.

3 dari 3 halaman

Infografis Pewaris Kerajaan Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.