Sukses

Ini 5 Jus Buah Segar dan Berkhasiat Sebagai Hidangan Buka Puasa

Liputan6.com, Jakarta Jus buah bisa menjadi hidangan berbuka puasa yang baik. Di dalam rasanya yang manis dan segar, jus buah mampu membalikan tubuh fit kembali. Di antara buah-buah yang segar terdapat buah yang memiliki khasiat untuk mengontrol kolesterol pada tubuh. Buah apa saja itu? Dilansir liputan6, berikut penjelasannya

Jus apel

Jus apel bisa menjadi salah satu hidangan buka puasa yang nikmat. Selain itu, jus buah apel mampu menurunkan kolesterol lho. Pasalnya, jus apel mengandung polifenol yang dapat menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat. Hal ini menyebabkan risiko pembentukan plak dan penyempitan pembuluh darah bisa diminimalkan.

Jus pisang

Selain jus apel, jus pisang bisa menjadi buah lainnya yang mampu menurunkan kolesterol. Soalnya, jus pisang mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Konsumsi serat bahkan dapat membantu menurunkan berat badan yang pada akhirnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pula.

Jus Jeruk

Jus satu ini bisa menjadi hidangan pilihan selama berbuka puasa. Rasanya yang segar bisa membangkitkan semangat dalam menjalankan bulan Ramadan. Selain itu, sebuah penelitian menemukan peningkatan kadar HDL hingga 21% pada pria dan wanita yang mengonsumsi 750 mililiter jus jeruk setiap hari. Kadar kolesterol baik (HDL) yang tinggi berkaitan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Jus Alpukat

Selain 3 jus buah di atas, ada pula jus alpukat. Rasanya yang nikmat, jus alpukat berkhasiat menurunkan kolesterol. Buah ini bisa membantu menurunkan kolesterol (LDL) buruk dan meningkatkan kolesterol (HDL) baik.

Buah alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Jadi, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur untuk menjaga kesehatan.

Jus Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini karena buah yang satu ini mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji juga dapat membantu sebagai penurun kolesterol dan tekanan darah, sementara menaikkan kadar kolesterol baik HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

Nah, kalau sudah begitu siapkan jus buah yang di atas. Kamu bisa membelinya di outlet atau pasar swalayan yang menjual buah yang segar atau kamu bisa menfaatkan aplikasi yang bisa membeli buah segar tanpa perlu datang ke outlet.

Selamat mencoba!

(*)