Sukses

Jaga Kerapian dan Keamanan, 9 Barang Ini Tidak Harus Anda Simpan di Meja Dapur Anda

Meja dapur merupakan salah satu perabot penting dalam sebuah hunian, terutama di bagian dapur

Liputan6.com, Jakarta Meja dapur merupakan salah satu perabot penting dalam sebuah hunian, terutama di bagian dapur. Di situlah pusat dari segala aktivitas menyiapkan bahan makanan, memotong, menata makanan hingga menyimpan peralatan memasak dan makan.

Meskipun menjadi tempat yang bisa digunakan untuk meletakkan berbagai barang, namun ada beberapa barang yang tidak dibenarkan bila diletakkan di atas meja dapur. Terlebih bagi Anda yang mengutamakan kebersihan dan kerapian dalam sebuah hunian. Sebab meletakkan barang sembarangan sama saja memicu munculnya stres dan merusak pemandangan.

Berikut adalah 8 barang yang tidak boleh Anda simpan di meja dapur.

1. Peralatan yang jarang digunakan

Meja dapur mungkin seperti tempat yang pas untuk menyimpan pemanggang roti, blender, mixer, dan peralatan lainnya. Tetapi jika Anda hanya menggunakannya sesekali, tidak ada gunanya membuat barang-barang tersebut menghabiskan ruang di atas meja Anda.

Jika Anda tidak menggunakannya setiap hari atau setiap kali Anda memasak, jangan biarkan mereka memakan tempat di meja Anda. 

2. Peralatan makan mewah

Tidak perlu peralatan makan mewah yang hanya Anda gunakan pada hari libur ada di meja dapur setiap hari. Akan jadi pekerjaan Anda untuk membersihkan sebelum digunakan. 

Dari sudut pandang kesehatan, tidak disarankan untuk menyimpan benda berdebu di dekat tempat Anda menyiapkan makanan atau makan.  Daripada menyimpan peralatan makan mewah, pertimbangkan untuk menyimpannya di lemari kaca depan, atau, jika Anda merasa sangat dekoratif, bisa menggantungnya di dinding.

Hal yang sama berlaku untuk pernak-pernik dekoratif dan barang non-fungsional lainnya; terutama jika ukurannya kecil, mungkin ada banyak tempat untuk menyimpannya yang tidak mengambil dari ruang memasak Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kotak atau kaleng

 

Kotak-kotak berisi gula, kopi, teh dan lain-lainnya terlihat pas diletakkan di meja dapur Anda, namun tidak bisa disangkal bahwa terkadang ukurannya yang besar bisa memakan banyak tempat. Jika jarang digunakan memang sebaiknya letaknya di tempat lain.

4. Rempah-rempah dan Minyak

Meja dapur Anda mungkin bukan tempat terbaik untuk menyimpan koleksi rempah-rempah. Selain itu, pastikan tidak menyimpan bumbu di dekat oven atau kompor, karena panas efek panas dapat melemahkan rasanya seiring berjalannya waktu. 

Sama seperti rempah-rempah, minyak zaitun bisa kualitasnya bisa menurun lebih cepat jika disimpan di tempat yang dekat panas. Hal yang sama juga berlaku untuk jenis minyak lainnya; mereka akan lebih baik di tempat yang sejuk dan gelap.

5. Tumpukan kertas atau dokumen

Entah itu majalah, surat kabar, struk belanja dan kerta tagihan. Kertas-kertas dapat menumpuk dengan cepat dan bila semakin banyak maka akan merepotkan untuk mengaturnya. Jika itu majalah, terkena air dan basah, maka tintanya bisa dengan mudah berpindah ke permukaan meja. Anda akan memiliki pekerjaan tambahan untuk membersihkannya.

3 dari 3 halaman

6. Pisau

Pisau yang mewah memang terlihat bagus dan karena itu, Anda mungkin ingin menyimpannya di tempat yang mencolok. Namun ketahuilah bahwa meja dapur bukan tempat teraman untuk menyimpan pisau Anda, terutama jika Anda memiliki anak kecil di rumah. Simpan pisau tajam Anda di laci dengan kunci agar tidak terlihat dan terjangkau oleh anak kecil .

7. Makanan cepat saji

Semakin terlihat dan terjangkau cemilan junk food Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengambilnya. Menyimpan makanan dengan penutup dan camilan di tempat yang kurang nyaman dan sulit dijangkau akan membuat Anda tidak terlalu tergoda olehnya. Selain junk food, makanan yang dipanggang dan permen juga dapat meninggalkan lengket dan remah-remah di meja dapur Anda.

8. Produk pembersih

Makanan dan produk pembersih yang dikemas dengan bahan kimia tidak dapat bercampur. Anda tentu tidak ingin mengambil risiko menumpahkan zat yang tidak dapat dimakan ini ke makanan Anda atau ke area tempat Anda menyiapkannya. 

Produk seperti sabun cuci piring dan disinfektan, harus disimpan di lemari atau seperti di bawah wastafel, terutama setelah dibuka. Dengan cara ini, mereka akan memiliki peluang yang jauh lebih rendah untuk tumpah ke ruang persiapan dapur Anda.

9. Elektronik

Dengan semakin populernya perangkat rumah tangga yang bisa membantu saat memasak tentu sangat menggoda untuk menyimpannya di meja dapur. Namun ingat risiko air dan hal lain ketika ada menyiapkan makanan. Jauhkan ponsel, laptop, dan speaker Anda dari meja Anda dan jauh dari jangkauan potensi kerusakan air. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.