Sukses

Kisah Cinta Pendiri Facebook Mark Zuckerberg, Pernikahan Sederhana dengan Wanita Cerdas dan Setia

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan pendiri Facebook yang juga salah satu orang terkaya dunia, Mark Zuckerberg dengan Priscilla Chan pada 19 Mei 2012 saat itu cukup mengejutkan. Para undangan yang hadir hanya mengetahui bahwa mereka diundang untuk pesta kelulusan Priscilla dari sekolah medis. Ternyata, keduanya meresmikan pernikahan.

Dilansir dari Business Insider dan beragam sumber lainnya, sebagian orang bertanya-tanya mengenai kisah cinta Mark dan Priscilla, apakah Priscilla seorang anak konglomerat sehingga bisa dinikahi Mark dan sebagainya.

Tak banyak yang tahu kalau Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan sudah saling kenal sejak 2003. Mereka kuliah di tempat yang sama, Universitas Harvard di Massachusets, Amerika Serikat (AS), salah satu universitas terbaik di AS dan bahkan dunia. Priscilla merupakan mahasiswi kedokteran sedangkan Mark merupakan mahasiswa ilmu computer.

Pertemuan mereka cukup unik karena terjadi saat sedang antre di toilet dalam sebuah pesta di Harvard pada 2003. Di mata Priscilla kala pertama bertemu, Mark terlihat seperti seorang kutu buku. Tak ada yang menyangka ia akan menjadi seperti sekarang ini.

"Dia (Mark Zuckerberg) adalah pria kutu buku yang termasuk luar biasa. Dia suka melontarkan humor perguruan tinggi yang mnunjukkan betapa kutu bukunya dia," ungkap Priscilla pada The New Yorker.

2 dari 5 halaman

Dukungan Priscilla untuk Mark

Mark kemudian memutuskan untuk drop out dan fokus mengembangkan Facebook. Priscilla ternyata tetap setia dan ikut mendukung, bahkan menjadi orang pertama yang membuat akun Facebook pada 5 Februari 2004.

Mereka selalu membuat keputusan berdasarkan pertimbangan bersama. Dukungan terbesar lainnya, usai lulus dari Harvard, Priscilla menyusul Mark ke California untuk melanjutkan bisnis Facebook. Di sana, ia mengambil kuliah medis di UCSF.

Priscilla merupakan sosok wanita sederhana dan setia, tapi memiliki kecerdasan intelektual dan emosional serta sosial yang tinggi. Tak sembarang orang bisa masuk jurusan kedokteran Harvard University, kalau tidak memiliki otak yang encer.

Priscilla juga sangat menyukai anak-anak. Selain bekerja dengan bayaran tinggi, ia juga menyempatkan diri menjadi pengajar kelas 4 dan 5 sekolah dasar di The Harker.

Priscilla bagi Mark adalah sosok yang menginspirasinya untuk menyumbangkan kekayaannya untuk kegiatan amal. Mereka berdua termasuk pasangan yang sangat aktif dalam berbagai kegiatan amal.

3 dari 5 halaman

100 Menit dalam Seminggu

Kesederhanaan mereka iuga terlihat saat keduanya menggelar pernikahan pada 2012. Mark Zuckerberg yang berusia 28 tahun sudah sangat sukses, tetap memilih menikahi Priscilla yang setahun lebih muda darinya, di kebun belakang rumah mereka dengan tamu terdekat kurang dari 100 orang.

Usai menikah, mereka sempat berbulan madu di Italia.  Meski sudah menikah, Mark Zuckerberg tetap sangat sibuk dengan Facebook. Karena itu, Priscilla menetapkan sebuah aturan dalam hubungan mereka.

Pertama, Priscilla selalu meminta waktu minimal 100 menit per minggu untuk tidak membicarakan Facebook. Ia juga selalu meminta satu hari dalam seminggu untuk bersama. Keduanya pun suka liburan dan traveling ke berbagai negara yang biasanya dilakukan di awal Desember.

Pernikahan Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan kini sudah mempunyai dua orang putri, Maxima dan August yang masing-masing berusia lima dan tiga tahun. Hubungan mereka juga jauh dari kabar miring.

4 dari 5 halaman

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: