Sukses

Air Jadi Komposisi Penting Saat Bikin Kopi Enak ala Barista di Rumah

Kopi yang diseduh dengan air yang mengandung magnesium dan kalsium akan memiliki karakter rasa yang lebih kompleks dan juga seimbang antara asam, manis dan pahit.

Liputan6.com, Jakarta Minum kopi kini sebenarnya merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan orang Indonesia. Bukan sekadar kebiasaan tapi bahkan merupakan budaya yang dimiliki di banyak daerah. 

Hal itu terlihat dari tersebarnya komoditas kopi di seluruh Indonesia, mulai dari robusta, arabika, liberika, bahkan excelsa. Bahkan kini, pamor ngopi alias minum kopi lokal meningkat signifikan. 

Berdasarkan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, konsumsi kopi nasional diprediksi tumbuh rata-rata 8,22% per tahun sejak 2016-2020. Sementara tahun ini, konsumsi kopi diprediksi akan mencapai 370 ribu ton.

Nah sekarang, kamu penasaran nggak sih, gimana caranya kita bisa bikin kopi enak di rumah ala barista di coffee shop? Ternyata ada hal yang harus dipahami. 

Komposisi pertama, jika mau menghasilkan seduhan kopi enak di rumah, pastikan kamu ketahui biji kopi lokal (single origin) mana yang disukai.

Kedua dan jadi komposisi yang penting diperhatikan adalah penggunaan air. Nggak sedikit barista yang menyarankan untuk menggunakan air mineral saat menyeduh kopi. 

Itu karena air mineral mengandung kalsium dan magnesium yang dapat mengekstraksi kopi menjadi lebih kompleks. Muhammad Aga, pemenang kompetisi Barista dan pemilik toko kopi Shoot Me In The Head dan Harapan Djaya menjelaskan bahwa adanya kandungan mineral dalam air saat menyeduh kopi hitam dapat meningkatkan rasa minuman secara signifikan.

"Kopi yang diseduh dengan air yang mengandung magnesium dan kalsium akan memiliki karakter rasa yang lebih kompleks dan juga seimbang antara asam, manis dan pahit. Keseimbangan kandungan mineral dalam air juga berperan penting untuk membuat kopi memiliki tekstur kekentalan yang lebih lembut juga aroma yang nikmat saat dihirup," jelas Aga.

Setelah melalui proses ekstraksi menggunakan air mineral, nantinya akan terasa apakah secangkir kopi yang dibuat memiliki cita rasa yang baik seperti di cafe-cafe atau justru sebaliknya.

Lalu bagaimana dengan air keran yang dimasak hingga mendidih? Untuk menghasilkan cita rasa kopi yang diinginkan, air keran atau air isi ulang yang dimasak hingga mendidih, nggak direkomendasikan karena tingkat pH dan kandungan mineral yang nggak pasti.

Nah sekarang kamu sudah tahu ilmu membuat kopi enak di rumah kan? Jika mau meracik kopi di rumah, gunakan air mineral AQUA karena mengandung pH dan mineral terjaga di rentang ideal.

Oleh karena itu, rekomendasi dari Specialty Coffee Association of America (SCAA), air mineral yang ideal untuk seduhan kopi berada di rentang antara 6,5 sampai 7,5. 

Berangkat dari hasil penelitian dan anjuran peracikan kopi inilah, AQUA menawarkan solusi untuk secangkir kopi yang autentik.

"Selain dibutuhkan oleh tubuh, ternyata mineral yang ada di dalam air dapat meningkatkan cita rasa kopi yang kita minum. Air mineral AQUA berada tepat di rentang pembuatan kopi yang ideal berdasarkan SCAA" ujar Dion Sugianto Product Development Manager dari Research & Innovation AQUA.

AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Minuman Ringan di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Sebagai merek asli Indonesia, selama 47 tahun, AQUA selalu berusaha untuk menyebarkan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat dan menjaga keberlanjutan alam.

AQUA memiliki 3 perlindungan untuk memastikan kualitas air minumnya. Pertama, perlindungan terhadap ekosistem sumber air nya dengan menanam lebih dari 2,5 juta pohon dan melestarikan lebih dari 1500 jenis flora dan fauna di sekitar sumber airnya. Kedua, mineral AQUA terlindungi dan terbentuk alami pada ekosistem yang terlindungi tersebut. Ketiga, proses yang seksama, melalui sistem produksi terintegrasi melalui 400 cek kualitas. Semua hal ini adalah bagian dari komitmen AQUA untuk menyediakan hidrasi sehat untuk penduduk Indonesia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini