Sukses

Makan di Restoran sampai Rp100 Juta, Harga Singkong dan Nasi Sambal Setan Disorot

Liputan6.com, Jakarta - Harga makanan di tiap tempat makan tentu berbeda. Di restoran mewah misalnya, harganya biasanya lebih mahal dibandingkan warung makan maupun restoran kecil. Baru-baru ini di media sosial beredar bon atau tagihan makanan yang bikin heboh karena totalnya mencapai Rp106 juta.

Dalam unggahan akun Twitter @FOODFESS2 terlihat berbagai jenis makanan Indonesia dengan harga fantastis. Total pembelanjaan sebenarnya "hanya" sebesar Rp80,9 juta. Namun dengan ditambah biaya layanan jasa dan pajak, nominalnya membengkak hingga ratusan juta rupiah.

Di berbagai tempat kuliner, umumnya makanan tradisional akan dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Meski begitu, makanan atau minuman yang disajikan sebuah restoran atau tempat makan bergengsi biasanya harganya akan melambung tinggi.

Hal itu mungkin dianggap wajar oleh sebagian orang, tapi harga makanan dalam tagihan tersebut dinilai terlalu mahal. Banyak warganet yang salah fokus melihat detail harga dari masing-masing menu.

Misalnya pada menu nasi goreng dan nasi sambal setan yang dibanderol Rp145 ribu per porsi, singkong seharga Rp65 ribu dan tahu gejrot seharga Rp60 ribu. Sedangkan menu lainnya tertulis ada bihun goreng seafood seharga Rp85 ribu, martabak telor Rp75 ribu, dan nasi sambal setan Rp145 ribu.

Dalam bon juga terlihat pesanan lain berupa mushroom soup dan salmon rice. Tak sedikit warganet yang penasaran dengan tempat makan tersebut. Kalau dilihat dari alamatnya, beberapa warganet meyakini kalau lokasi restoran itu berada di sebuah klub malam di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

2 dari 4 halaman

Klub Malam di Jakarta

Banyak juga yang menduga kalau makanan tersebut dipesan untuk sebuah pesta. Alasannya, terlihat beberapa menu makanan dan minuman dipesan dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, banyak pesanan rokok dan minuman beralkohol. Karena lokasi tempat makan diyakini berada di sebuah klub malam di Jakarta Pusat, banyak yang menganggap hal itu sebanding dengan harganya. Tapi tetap saja masih banyak warganet yang heran dan tercengang melihat harga-harga makanan khas Indonesia seperti singkong, tahu gejrot dan nasi sambal setan di tempat itu.

Unggahan tersebut mengundang beragan komentar menggelitik dari warganet. "Nasi sambel setan 2 jutaan. Apa pake setan asli hah?" komentar seorang warganet.

"Totalan segini udah bisa bayar kuliahku 7 semester ditambah uang kos 4 tahun. Sisanya masih bisa buat uang hidup di kos 30 bulan," timpal warganet lain. "taxnya aja 21jt cuy, dapet motor 1," komentar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: