Sukses

Inspirasi Desain Interior Rumah dengan Sentuhan Unsur Kayu

Liputan6.com, Jakarta - Ingin menciptakan kesan dan tampilan hangat dalam rumah? Anda dapat memasukkan unsur kayu ke dalam rencana desain interior hunian Anda. Kayu sebagai material alam dikenal memiliki kemampuan untuk menampilkan kehangatan dalam setiap desain.

Unsur kayu dapat dihadirkan dengan menggunakan material yang sesungguhnya ataupun yang menyerupai kayu. Desain interior rumah hangat kali ini terbilang sukses berkat ragam unsur kayu di dalamnya.

Hunian yang berada di daerah Jakarta Selatan ini adalah hasil rancangan Architectron. Kesan hangat, lapang, terbuka, serta nyaman merupakan hasil akhir yang dapat dirasakan. Simak inspirasi desain interior seperti dirangkum Arsitag berikut ini.

Open Space Plan

Lantai dasar dari hunian dua lantai ini menggunakan desain open space plan, di mana tidak ada batasan fisik antara satu area dengan area lainnya. Mulai dari foyer, dapur, ruang makan, serta ruang keluarga berada pada satu area terbuka yang sangat luas.

Pada area ini, unsur kayu sangat ditonjolkan melalui meja makan persegi panjang yang mampu memuat lebih dari sekadar anggota keluarga inti. Bersandingan dengan meja makan tersebut adalah area dapur yang dilengkapi dengan beberapa kursi stool.

Berbeda dengan meja dan kursi makan yang terbuat dari kayu solid, jejeran stool tersebut terlihat lebih ringan dan modern dengan material logam.

2 dari 6 halaman

Lapang dan Terang dengan Bukaan Kaca

Kesan lapang dan terang dari seluruh area yang berada di lantai satu hunian ini adalah kontribusi dari beberapa aspek. Selain desain open space plan yang dipergunakan, area ini juga minim ornamen atau lebih mengarah ke minimalis.

Semua item memiliki fungsi tersendiri dan tidak hadir hanya sebagai dekorasi semata. Tak bisa dipungkiri kesan lapang dan terang tersebut jauh lebih terasa berkat banyaknya bukaan langsung.

Pintu dan jendela kaca berukuran super besar terlihat di setiap sisi dinding. Ditambah, beberapa buah cermin yang diletakkan secara strategis memancarkan cahaya matahari secara lebih merata untuk penerangan alami.

Unsur kayu yang menjadi aspek utama rumah alam modern ini dihadirkan dengan menggunakan pendekatan yang sedikit berbeda. Beberapa furnitur seperti sofa menggunakan warna cokelat gelap yang identik dengan warna kayu. Selain itu, pilihan keramik lantainya sengaja memiliki bentuk dan warna yang menyerupai lembaran papan kayu.

3 dari 6 halaman

Paduan Material Alam dan Modern pada Tangga Utama

Desain interior rumah hangat ini memang lebih condong ke arah natural tanpa mengabaikan penggunaan material modern. Hal ini terlihat pada tangga utama yang menghubungkan lantai dasar dan lantai dua.

Tangga kayu modern disokong material baja dengan railing kabel baja. Dan sebagai sentuhan akhir, setiap anak tangga diberi papan kayu jati. Hasilnya adalah tangga yang kuat serta tetap terlihat natural dan hangat.

4 dari 6 halaman

Lantai Dua untuk Anggota Keluarga Inti

Bila desain interior rumah hangat pada lantai satu terkesan lebih terbuka dan siap menyambut siapa saja, desain lantai dua terlihat lebih intim dan akrab. Area pada lantai dua memang lebih ditujukan untuk anggota keluarga inti dengan penempatan ruang keluarga, area belajar, serta kamar tidur.

Senada dengan lantai satu, penggunaan unsur kayu tetap terasa kental dengan kehadiran aneka furnitur kayu. Sedikit sentuhan berbeda dihadirkan pada kursi ruang keluarga yang terbuat dari anyaman rotan, yang sekali lagi masih mengusung tema natural. Recessed lighting yang menyebar menjadi pilihan sumber cahaya di lantai dua, mengingat desainnya yang lebih tertutup dibandingkan lantai di bawahnya.

5 dari 6 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: