Sukses

Inspirasi Desain Interior Rumah Modern Minimalis yang Bersih dan Rapi

Yuk, intip desain interior hunian minimalis yang dapat jadi inspirasi rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai alasan gaya desain interior rumah modern minimalis kerap dipilih banyak orang. Gaya desain ini menawarkan ragam manfaat, salah satu yang populer karena membuat rumah berukuran kecil terlihat lebih luas.

Penerapan desain minimalis modern yang tepat tidak akan pernah ketinggalan zaman. Konsep interior modern minimalis juga memberikan keuntungan dalam hal penghematan biaya, karena Anda tidak perlu menggunakan benda-benda yang pada dasarnya tidak dibutuhkan.

Satu lagi, dengan pemaksimalan fungsi dari setiap benda yang ada, rumah modern minimalis cenderung lebih mudah dalam hal perawatannya. Semua keuntungan ini tampak dalam sebuah rumah minimalis modern dua lantai hasil karya Dakara.Project.

Hunian yang berada di daerah Bandung, Jawa Barat ini menerapkan konsep modern minimalis di setiap ruangannya. Hasilnya adalah sebuah rumah yang fungsional, bersih, rapi, dan juga elegan. Simak inspirasinya seperti dirangkum Arsitag berikut ini.

Desain Ruang Terbuka yang Diterangi Cahaya Matahari

Desain ruang terbuka diterangi oleh cahaya matahari, salah satu ciri dan karakteristik dari rumah modern minimalis. Hal ini sangat jelas Anda lihat pada ruangan dapur. Jendela kaca besar dan juga skylight menjadi sumber utama masuknya cahaya matahari dari luar rumah.

Sumber penerangan alami dapat berfungsi ganda. Selain sebagai penerang ruangan, sekaligus membantu menghindarkan kesan suram akibat dominasi warna abu-abu gelap pada dapur tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penggunaan Warna Minimalis

Warna-warna minimalis menjadi warna utama dalam hunian ini. Dalam setiap ruangan, Anda akan menemukan konsistensi warna yang mengikat desain ruangan secara keseluruhan. Secara umum, terlihat bahwa setiap ruangannya memiliki tiga warna utama dengan gradasi yang tidak jauh berbeda satu sama lain.

Yang paling menonjol adalah warna abu-abu serta warna cokelat kayu yang hadir pada setiap furnitur dalam ruangan. Kedua warna dihadirkan dalam berbagai gradasi yang membawa kesinambungan ke seluruh desain rumah. Konsep kesatuan inilah yang berdampak membentuk desain rumah minimalis modern yang lapang.

3 dari 5 halaman

Penggunaan Material sebagai Visual Interest

Rumah modern minimalis lebih mengutamakan fungsionalitas dibandingkan dekorasi. Namun, hal ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat memasang dekor apapun. Cara menyiasatinya adalah dengan menggunakan material-material serta furnitur yang bukan hanya fungsional namun juga bersifat dekoratif.

Material serta furnitur seperti itu akan menjadi visual interest dalam ruangan. Interior akan terlihat cantik dan elegan tanpa perlu menggunakan bentuk-bentuk dekorasi seperti pada umumnya. Dalam ruang keluarga ini misalnya, material yang digunakan menjadi visual interest yang lembut.

Mulai dari dinding dari deretan kayu vertikal berwarna hitam di sudut kiri, kemudian lantai kayu dengan guratan- guratan yang terlihat jelas, karpet bermotif garis zig-zag, hingga sofa empuk abu-abu gelap, menawarkan daya tarik tersendiri yang berpadu dengan lembut dan menciptakan kesan nyaman sekaligus elegan.

4 dari 5 halaman

Strategi Pemisahan Area dengan Warna

Untuk memisahkan fungsi antara satu ruangan atau satu area dengan ruangan lain, Anda tidak harus menggunakan pembatas fisik. Gunakan strategi unik seperti menggunakan warna yang berbeda untuk area berbeda.

Dalam rumah modern minimalis ini, strategi tersebut diterapkan di area dekat tangga. Pada salah satu sudut, terlihat sebuah meja dengan latar belakang panel kayu cokelat yang ditata secara vertikal. Persis di sampingnya, panel-panel kayu putih seakan-akan memisahkan kedua area dengan fungsi berbeda.

5 dari 5 halaman

Sentuhan Personal dalam Kamar Tidur

Kamar tidur dalam hunian modern minimalis ini rupanya memiliki sentuhan yang sedikit berbeda dibandingkan ruangan lainnya. Sentuhan beda dihadirkan dalam bentuk warna kontras.

Warna biru menjadi blok warna dominan yang terlihat berpadu manis dengan warna abu-abu. Personalisasi warna ini seakan-akan memberi kesan bahwa kamar ini adalah sebuah ruangan spesial dan berbeda dengan ruangan lainnya.

Interior modern minimalis yang didominasi warna cat abu-abu dan putih nyatanya tak akan tampak membosankan. Konsep kesatuan warna justru menciptakan kesan kesinambungan yang membentuk kesan "tanpa batas".

Dengan mengandalkan trik perpaduan warna secara cermat, desainer menghasilkan interior rumah yang hangat dan personal. Kontinuitas dan kontras pada pemilihan material secara proporsional dapat membentuk keseimbangan yang padu dan serasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.