Sukses

7 Tips Aman Traveling di Masa Pandemi yang Serba Tak Pasti

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini kita sudah memasuki babak baru di tahun 2021 dengan penuh rasa optimis dan harapan yang juga baru. Meski pandemi corona Covid-19 belum mereda dan membuat kita harus lebih banyak berada di rumah, bukan berarti kita tidak bisa traveling.

Ada saatnya kita sangat butuh liburan di masa pandemi ini. Kita bisa saja melakukan traveling, tapi tentunya harus memenuhi berbagai persyaratan dan protokol yang ada. Kondisi berlibur atau berwisata sekarang ini tentu berbeda dengan di masa sebelum pandemi. Kita juga harus lebih matang dan detail terkait perencanaan perjalanan.

Untuk membantu perencanaan perjalanan lebih matang, berikut tujuh tips dari Pegipegi agar liburan dapat berlangsung lebih aman dan nyaman, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin, 18 Januari 2021.

1. Pilih Tiket dan Akomodasi Refundable

Bagi yang ingin merencanakan bepergian, sebaiknya memilih untuk memesan tiket transportasi maupun akomodasi yang bersifat refundable. Di Pegipegi, ketentuan tersebut dapat dilihat pada halaman pilihan kamar ataupun tiket perjalanan.

2. Manfaatkan Fitur Clean & Safe Stay

Untuk membuat perjalanan setiap pelanggannya lebih aman dan nyaman, Pegipegi meluncurkan fitur 'Clean & Safe Stay'. Fitur ini bertujuan untuk membantu setiap pelanggan memilih hotel yang telah menerapkan standar kebersihan tinggi, demi memastikan pengalaman yang aman dan nyaman selama menginap.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

3. Pakai Promo atau Harga Spesial

Salah satu keuntungan memesan tiket transportasi dan akomodasi secara online adalah adanya banyak promo yang ditawarkan. Seperti pada aplikasi Pegipegi, setiap hari selalu ada promo spesial yang bisa digunakan oleh pelanggan. Jadi, liburan bisa lebih mudah dan lebih terjangkau.

4. Membawa Safety Kit

Bagi yang akan merencanakan bepergian, jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan kesehatan. misalnya safety kit. Safety kit yang wajib dibawa di antaranya, hand sanitizer, disinfektan, tisu basah, peralatan makan, peralatan ibadah, vitamin, dan juga masker. Pastikan Anda membawa juga beberapa stok sekaligus di dalam safety kit untuk berjaga-jaga.

5. Tempat Wisata dengan Aktivitas Outdoor

Aktivitas outdoor terbukti memiliki risiko penyebaran virus yang lebih rendah daripada aktivitas indoor. Dirangkum dari Mayo Clinic, virus COVID-19 terutama menyebar dari orang ke orang melalui cairan yang dilepaskan ke udara saat berbicara, batuk, atau bersin.

Jadi, saat berada di dalam ruangan, lebih mungkin menghirup cairan ini dari orang yang terinfeksi, terutama jika berada dalam jarak yang dekat. Sementara saat berada di luar ruangan, udara segar yang terus bergerak dan berganti membantu menyebarkan cairan ini. Sehingga kecil kemungkinan menghirupnya.

3 dari 4 halaman

6. Pilih Destinasi yang Terapkan Protokol Kesehatan

Kalau ingin bepergian, sebaiknya pilih destinasi yang telah menerapkan standar protokol kesehatan tinggi. Pastikan mengecek dari berbagai sumber apakah destinasi yang akan dituju sudah memiliki fasilitas diberbagai spotnya, seperti tempat mencuci tangan, pemeriksaan suhu badan untuk setiap pengunjung, penerapan physical distancing, dan lainnya.

Pilih juga destinasi yang tidak terlalu ramai pengunjung seperti disarankan Satgas Covid-19, sehingga liburan bersama keluarga terasa lebih aman dan nyaman.

7. Pakai Fitur Online Refund untuk Ajukan Perubahan

Di saat yang tidak menentu seperti saat ini, terkadang ada hal yang tidak dapat kita hindari. Mulai dari perubahan jadwal pesawat, hingga kebijakan larangan perjalanan yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai sarana untuk mengatasi penyebaran virus COVID-19.

Namun, jangan khawatir. Di aplikasi Pegipegi, pelanggan bisa melakukan pengajuan pembatalan pemesanan perjalanan secara mudah. Pada menu pesanan di halaman utama, ada tombol “Refund” yang bisa dipilih jika ingin membatalkan penerbangan. Selanjutnya, pelanggan hanya perlu mengisi formulir refund dengan mengikuti petunjuk yang tertera di aplikasi. Selamat berlibur dan jangan lupa juga untuk terus menerapkan protokol kesehatan di mana pun Anda berada!

4 dari 4 halaman

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19