Sukses

Sneakers Jokowi Saat Suntik Vaksin Covid-19 Perdana, Harganya Tak Sampai Rp500 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang menerima suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 di Indonesia pada Rabu, 13 Januari 2021. Penyuntikan vaksin Sinovac itu dilaksanakan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Saat divaksinasi, Jokowi kembali terlihat dengan busana kebesarannya, yakni kemeja putih dan celana bahan berwarna hitam. Ada yang berbeda dari bentuk kemeja yang dikenakannya, bukan lengan panjang seperti biasa, tetapi lengan pendek yang lebih memudahkan digulung saat akan disuntik di lengan kiri. 

Penampilannya kali itu disempurnakan dengan sneakers hitam bersol putih. Ternyata, ia memakai sneakers buatan brand lokal asal Bandung, NAH Project.

Sneakers yang dikenakannya terbilang koleksi anyar, yakni Yoga FlexKnit V3.0 dengan varian warna carbon black. Harga sepatu berbahan flexknit itu tidak sampai setengah juta rupiah, hanya Rp415 ribu saja. Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, sepatu tersebut masih dijual secara online dengan beberapa varian warna lain.

Tak lama setelah potret Jokowi disuntik vaksin Sinovac diunggah, akun resmi brand sneakers tersebut mengunggah ulang keterangan tersebut.

"Hari ini, Rabu 13 Januari 2021, Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan. Semoga dengan dimulainya proses vaksinasi Covid-19, perjuangan kita untuk terbebas dari pandemi dapat berjalan dengan lancar," tulis akun Instagram itu.

Respons pun berdatangan. Kebanyakan penasaran dengan sneakers yang dikenakan Jokowi. Lainnya mengaku bangga memakai sepatu yang sama dengan milik Jokowi. "Bangga deh punya sepatu samaan sama pak presiden," komentar salah seorang warganet.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Pesanan Istana

Sneakers merupakan salah satu jenis sepatu favorit lelaki asal Solo tersebut dan seringkali terlihat mengenakan sneakers. Khusus untuk koleksi NAH Project, Jokowi pertama kali terlihat mengenakannya saat datang ke We The Fest 2018 dan pameran otomotif GIAAS di tahun yang sama. Ia juga mengenakan sepatu tersebut dalam momen pertemuan dengan Prabowo Subianto seusai Pilpres 2019 lalu di MRT Lebak Bulus. 

Melansir kanal Bisnis Liputan6.com, lekatnya sneakers lokal itu dengan Jokowi berawal dari permintaan pihak Istana kepada Rizky Arief Dwi Prakoso, CEO sekaligus co-founder NAH Project. Pihak istana memesan tiga pasang sneakers NAH Project dengan kriteria nyaman dan fleksibel dipakai.

Ia awalnya tidak mengetahui jika tiga pasang sepatu yang dipesan merupakan pesanan untuk Jokowi. Sang ajudan yang menghubungi NAH Project hanya mengatakan sepatu ini akan digunakan oleh orang penting untuk keperluan dinas.

"Sebelum kita kasih katalog, dari salah satu pak ajudan ini, dia ngirim kita foto sneakersnya Pak Jokowi. Waktu itu, Adidas NMD yang merah. Kita punya atau enggak. Dari katalog yang kita punya, yang paling mirip teknologi sama konstruksinya yang Yoga Flexknit. Jadi, kita tawarin yang itu," tutur Rizky, ketika dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon, pada 18 Agustus 2021.

Pilihan pun jatuh pada sneakers Yoga FlexKnit v2.0 Vermillion Red dibuat sebagai colorway khusus yang hadir untuk merayakan Asian Games 2018 dan dua sneakers lainnya, dirilis dengan harga Rp415 ribu saat peluncuran resminya. Produk ini merupakan koleksi terbatas dan tidak akan diproduksi lagi. (Melia Setiawati)

3 dari 4 halaman

Jokowi dan Para Pemimpin Dunia yang Disuntik Vaksin

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: