Sukses

6 Cara Menyiasati Dapur Sempit agar Tetap Cantik dan Elegan

Ukuran yang terbatas bukanlah halangan untuk memiliki dapur cantik nan elegan.

Liputan6.com, Jakarta - Dapur sempit dalam hunian kerap membuat banyak orang kesulitan menata dan mengakalinya. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa kiat penataan dan dekorasi guna menyiasati dapur sempit tetap elegan, tanpa mengabaikan aspek fungsionalitasnya.

Mempercantik dapur sempit dapat dilakukan dengan memanfaatkan material bersifat reflektif dan furnitur serbaguna. Juga, bisa diwujudkan dengan mengaplikasikan warna dan pola kontras.

Seperti apa kiat menyiasati dapur sempit dalam hunian agar tetap elegan dan cantik? Yuk, simak selengkapnya seperti dirangkum Arsitag berikut ini.

Dapur Sempit Serba Putih

Warna putih jadi pilihan populer untuk ruangan sempit. Kesan lapangnya akan kian maksimal karena memanfaatkan material yang bersifat reflektif.

Lantai dapurnya menggunakan keramik berwarna cokelat tanah yang hangat dan nyaman. Satu hal lagi yang membuat dapur ini lebih menawan adalah pencahayaan berwarna kemerahan.

Sentuhan tersebut menyuguhkan nuansa manis. Pendaran warna pink ini membuat dapur serba putih terlihat unik, sekaligus modern.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Dapur dengan Permukaan Reflektif

Guna membuat suasana dapur sempit terlihat lebih ceria dan menyenangkan, Anda dapat menggunakan lapisan yang bersifat reflektif. Misalnya, penggunaan cermin, serta finishing glossy pada permukaan lemari dan kabinet dapur.

Material kaca gelap dari oven dan kompor elektrik turut menunjang tampilan. Permukaan yang reflektif seperti ini akan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan untuk menambah kesan nyaman dan luas. Perpaduan antara finishing glossy dan warna abu-abu memberi kesan elegan pada dapur sempit ini.

 
3 dari 7 halaman

Tema Khusus untuk Dapur Sempit

Membuat dapur sempit tampil cantik dan elegan, Anda dapat memilih tema khusus untuk diaplikasikan pada ruangan tersebut. Tips tema yang dapat Anda coba adalah aplikasi warna dan pola dinding.

Dapur kecil cantik ini menonjolkan warna peach kemerahan sebagai focal point. Seluruh bagian plafon dapur dicat dengan corak warna peach.

Senada dengan satu pintu laci pada meja dan jam dinding untuk memberi kesatuan tema antara elemen arsitektur, furnitur, dan dekorasi. Pola dinding kotak-kotak yang bersambung hingga meja dan kabinet dapur menambah pesona dapur sempit ini.

4 dari 7 halaman

Dapur Elegan Bergaya Skandinavia

Berikan sentuhan Skandinavia pada dapur sempit Anda untuk hasil yang elegan. Desain dapur sempit berikutnya memanfaatkan ruang tak terpakai di bawah tangga.

Backsplash subway tile putih berpadu top table kayu dengan warna cokelat muda membuat dapur ini terlihat bersih dan cantik. Ukurannya yang terbatas pun tak lagi jadi masalah berkat konsep rak terbuka dan meja kabinet yang menyediakan banyak ruang penyimpanan.

5 dari 7 halaman

Mozaik Warna-warni sebagai Dekor untuk Dapur Sempit

Mendekor dapur sempit jadi menarik dapat menggunakan palet netral sebagai warna dominan. Lalu, tambahkan kejutan dalam bentuk warna-warni cantik pada elemen dapur, misalnya pada area backsplash.

Dapur mungil ini didominasi warna kayu cokelat muda yang hangat. Sementara untuk kejutan warna, sang desainer menggunakan keramik dengan pola mozaik ragam warna sebagai backsplash.

6 dari 7 halaman

Desain Dapur Sempit yang Hangat dan Nyaman

Gaya dapur sempit tidak hanya seputar desain monokromatik yang terbatas pada satu atau dua warna saja. Anda dapat memadukan banyak aspek di dalam dapur Anda untuk membuatnya terasa hangat dan nyaman.

Seperti dapur satu ini yang menggunakan kayu sebagai permukaan meja island yang sekaligus berfungsi sebagai meja makan. Sedangkan, top table dapur berwarna hitam terlihat kontras dengan lemari dapur yang berwarna putih.

Kesan hangat dan nyaman dihasilkan berbagai material kayu yang digunakan, baik meja, kursi, bahkan window seat dengan bantal-bantal mungil. Selain itu, pendaran cahaya berwarna kekuningan juga jadi penghangat suasana.

Kecil dan mungil, namun tetap terlihat cantik. Pastinya nuansa ini membuat siapa saja betah untuk memasak di dalamnya.

 
7 dari 7 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.