Sukses

Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi, Christian Sugiono Makin Rajin Olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi corona COVID-19 ini, kita bukan hanya harus menjaga kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Hal itu diakui oleh Christian Sugiono. Ayah dua anak ini pun memiliki cara untuk menjaga kesehatan mental dirinya dan keluarganya.

Ia mengatakan awal pandemi yang memaksa orang bekerja dari rumah saja dihadapinya dengan senang. Menurut Christian, ia jadi lebih punya banyak waktu untuk anak-anak dan istri. Belakangan, situasi itu justru memicu terganggunya kesehatan mental di tengah pandemi. 

"Karena lebih banyak di rumah, pikiran aku jadi suka tumpang tindih. Kadang kalau lagi main dengan anak, saya juga mikirin soal kerjaan. Tapi pas aku kerja, justru sebaliknya, pengin main dan ngobrol sama anak, istri. Kadang jam 10 malam masih kerja, kadang jam makan siang sambil kerja. Jadi waktu quality time sama keluarga dan quality time untuk working itu kayak nyampur," ucap Christian Sugiono dalam konferensi pers virtual AIA Vitality, beberapa hari lalu.

Menurutnya, ia tipikal orang yang harus bekerja di kantor dengan jam kerja yang jelas. Dengan begitu, dia bisa membedakan waktu untuk bekerja dan waktu untuk bersama keluarga.

Meski begitu, Christian mengaku dengan banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah, dia juga jadi lebih rajin berolahraga dan beraktivitas fisik lainnya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di kediamannya tersebut. Sebelumnya, fasilitas seperti alat fitnes dan kolam renang, tak terlalu sering ia gunakan.

Karena sering berenang di kolam renang rumahnya bersama keluarganya, anak bungsu Christian, Kai Attar Sugiono (3), kini sudah bisa berenang sendiri tanpa pelampung. Hal itu pun mengejutkan Christian Sugiono dan Titi Kamal.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Mengurangi Konsumsi Informasi

"Anak aku 3 tahun udah bisa berenang sendiri. Papanya setiap hari di kolam renang, nyebur, dia ikut juga. Kita kaget juga. Awalnya memang pakai pelampung, lama-lama dilepas jalan sendiri. Itu salah satu hal positif yang saya dapat selama pandemi ini," ungkap pria yang akrab disapa Tian ini.

Mengurangi konsumsi informasi, terutama yang tak pasti terkait COVID-19, juga jadi cara aktor berusia 39 tahun ini untuk menjaga kesehatan mental dirinya maupun keluarganya.

"Jadi aku menjaga kesehatan mental dengan meng-cut informasi tidak benar, kita banyakin melihat hal-hal yang positif, kita menghabiskan waktu dengan keluarga yang berkualitas, membahas hal-hal di luar kejadian-kejadian yang ada di dunia ini, supaya kita bisa tetap bisa waras di situasi yang mungkin sedikit aneh ini," tutup Christian Sugiono.

3 dari 4 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: