Sukses

Potret Anies Baswedan Saat Jadi Mahasiswa UGM, Tirus dan Berkumis Tipis

Anies Baswedan mengunggah potret lamanya saat kuliah di UGM untuk bernostalgia.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membagikan potret nostalgia melalui akun Instagram pribadi. Kali ini, Anies mengunggah foto-foto ketika ia menempuh studi di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Potret-potret itu mengabadikan memori di masa lalu Anies Baswedan saat masih menjadi mahasiswa, berorganisasi, hingga momen kebersamaan dengan kawan-kawan sepejuangan. Nostalgia ini bangkit ketika pada pada 19 Desember 2020 pagi muncul notifikasi Dies Natalis UGM.

Potret pertama memperlihatkan Anies muda tengah duduk dalam sebuah pertemua mengenakan kemeja berbalut jas juga dasi. Di hadapannya terdapat tumpukan kertas dengan bolpoin di genggamannya.

Ada pula foto ia ketika mengenakan jaket alma mater, berkemeja sambil membawa tas punggung sembari memegang pengeras suara dengan kawan-kawannya di depannya. Tak ketinggalan potret saat berbalut toga, tanda ia telah menyelesaikan studi di UGM.

"Memori berputar, mengulang rekaman-rekaman kenangan masa kuliah dan masa belajar di Jogja. Rumah kami di Karangwuni, hanya 1/2 km dari Gedung Pusat UGM. Masa kecil adalah masa bermain di kampus," tulisnya.

Bagi Anies Baswedan dan kawan-kawan, keluarga-keluarga dan warga yang tinggal di sekitar kampus, kampus UGM adalah kampung halaman, tempat bermain juga bereksplorasi. Ia berkisah, bagi anak-anak kecil di era itu, gedung baru merupakan arena bermain labirin yang tak habis dijelajahi.

"Habis menonton film November 1828, saya dan sebaya anak-anak SD menjadikan hutan itu jadi tempat main perang-perangan gerilya," kenang Anies.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memori Anies soal UGM

Ceritanya tak berhenti di sana. Pria berusia 51 tahun ini melanjutkan bahwa UGM kampus yang terbuka dan diakses oleh semua.

"Kampus sebesar itu adalah dari pemberian dan dari kemurahan hati seorang visioner, negarawan dan pengayom: Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubowo IX," tambahnya.

Anies masuk Fakultas Ekonomi UGM angkatan 1989. Ia mengenang, pembelajaran ia dapatkan baik di dalam juga luar ruangan yang hikmahnya mengalur tanpa henti hingga kini.

"Pada masa kuliah inilah gemblengan pengalaman membekas hingga kini. Pergolakan ide tentang keterbukaan, tentang demokrasi dihadapkan dengan kondisi represif era Orde Baru," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.