Sukses

Anggunnya Mutiara Annisa Putri Anies Baswedan Saat Jalani Wisuda Virtual

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan tengah menyelimuti keluarga Gubernur DKI Jakarta masa bakti 2017--2022 Anies Baswedan. Pasalnya, sang putri sulung, Mutiara Annisa Baswedan, telah menyelesaikan program studi Sarjana (S1) dan kini menyandang gelar Sarjana Hukum.

Tia, begitu ia akrab disapa, menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Sebelum kuliah pada 2016, ia sempat mengikuti pertukaran pelajar selama satu tahun di Denmark pada 2014 melalui AFS dan Bina Antarbudaya.

Selebrasi atas kelulusan putri Anies Baswedan ini terlihat dari sederet potret yang ia bagikan melalui akun Instagram pribadi. Potret itu mengabadikan ketika Tia menjalani wisuda virtual pada Jumat, 16 Oktober 2020, mengingat dunia saat ini tengah dilanda pandemi corona Covid-19.

Tia mengenakan kebaya brokat yang berwarna putih. Kebaya berlengan panjang tersebut lantas ia padukan dengan kain batik yang penuh corak dan warna.

Selain itu, rambut keriting Tia ditata updo dan penampilannya disempurnakan dengan polesan makeup yang natural, namun tetap memancarkan pesonanya. Tak ketinggalan, anak sulung dari empat bersaudara itu juga mengenakan sepatu hak tinggi untuk melengkapi tampilan wisudanya.

Gaya Tia saat wisuda virtual tentunya juga memakai toga. Menariknya, salah satu potret menampilkan tali toga yang disampirkan oleh sang ayah. Selebrasi kelulusannya dirayakan bersama ibunda, adik-adik, dan keluarga tercinta.

Sementara, Anies Baswedan tak dapat menutupi rasa bahagianya atas kelulusan sang putri. Ia pun mengungkapkan antusiasmenya lewat keterangan yang cukup panjang dalam unggahan pada Minggu, 18 Oktober 2020.

 
2 dari 3 halaman

Ucap Syukur Anies Baswedan

Dalam kolom keterangan unggahan momen wisuda virtual putrinya, Mutiara Annisa, Anies Baswedan menuliskan pribadi putri sulungnya. Suami Fery Farhati ini juga sedikit bernostalgia saat masa kecil Tia dahulu.

Anies mengatakan Tia sejak kecil sudah mandiri, selalu berani mencoba hal baru, dan mengambil keputusan secara mandiri. Begitu pula ketika memutuskan untuk memilih bidang hukum di perguruan tinggi.

"Memilih bidang hukum adalah rute yang penuh tantangan, mudah-mudahan pembelajarannya selama kuliah bisa jadi bekal untuk kontribusi bagi bangsa. Tapi apapun yang dia kelak kerjakan, dia tetap "anaknya Abah" yg suka manja sama orang-tuanya, sambil jadi pemimpin buat adik-adiknya," tulis Anies.

"Jumat kemarin dia diwisuda. Alhamdulillah, perjalanan sekolah dan kuliah itu telah dia tuntaskan. Tia lulus Fakultas Hukum, Universitas Indonesia," lanjutnya.

Anies berkisah, mengantarkan wisuda putrinya wisuda mengingatkan akan saat pertama kali mengantar Tia masuk sekolah. Ia dan sang istri secara bergantian mengantar dan menjemput Tia.

"Itulah kali pertama Tia menjalani pendidikan di luar rumah, pendidikan di sekolah. Peristiwa pengantaran itu terasa seperti belum lama, dan kini ia baru saja tuntaskan kuliahnya. Bagi neneknya, mengingatkan saat tahun 1965 ia jadi orang pertama yg lulus sarjana di keluarga besarnya, mengajar sampai sekarang dan kini menyaksikan cucu pertama yg wisuda," tambahnya.

Anies tak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada semua guru dan dosen yang telah mendidik putrinya. "Pada Allah Swt kita bersyukur, sambil terus mengulang pesan bahwa sekolah, kuliah itu bisa selesai, tapi belajar tidak pernah selesai. Mohon doanya, agar Tia selalu dalam lindunganNya, diberikan kekuatan dan kemudahan untuk menjadi pribadi yang memberikan manfaat bagi masyarakat," tutup Anies.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: