Sukses

Bikin Anak Betah di Rumah dengan Dekorasi Ruang Bernuansa Magical of Disney

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan pertumbuhan anak, rasa ingin tahu mereka terhadap segala sesuatu di sekitar akan semakin meningkat. Mulai dari berkotor-kotoran, bermain hujan, hingga coret-coret dinding rumah merupakan bentuk eksplorasi si Kecil untuk mengenali lingkungan sekitarnya. Sayangnya masih banyak orangtua bertindak sebaliknya dengan melarang atau menghentikan aktivitas tersebut.

Sesungguhnya stimulasi amat dibutuhkan untuk perkembangan anak dan bisa diwujudkan dalam bentuk eksplorasi. Namun, bila eksplorasi atau aktivitas anak untuk memenuhi rasa ingin tahunya dilarang atau dihentikan, ini dapat membuat anak menjadi takut. Jika anak terus-menerus mengalami penolakan, dampaknya bisa berimbas pada kepribadiannya di masa mendatang.

Berangkat dari hal itu Avian Brands menghadirkan rangkaian produk Cat Seri Disney, dengan keunggulan cat anti bakteri dan cat yang memberikan spesial efek. Ellen Yovita, Marketing Manager Avian Brands menyampaikan kalau varian cat terbaru ini akan memberi keleluasaan bagi si Kecil untuk eksplorasi imajinasinya lewat acara live streaming bertajuk Magical Live Hadirkan Keajaiban di Setiap Ruangan persembahan Avian Brands bersama Disney, Sabtu (05/12/20).

“Avian Brands senantiasa berinovasi memenuhi kebutuhan masyarakat, dan di sini kita melihat peluang di mana cat tembok identik dengan orang dewasa yang mengerjakan, dan anak-anak jarang dilibatkan dalam decision untuk pemilihan warna dan tema. Dari situ kita ingin anak-anak bisa mengeksplor kreativitas, imajinasi lewat kanvas yang lebih besar yaitu lewat dinding di rumahnya, kamarnya, maupun di ruangan belajarnya,” kata Ellen.

Lebih jauh Ellen menjelaskan kerjasama dengan Disney karena memiliki kesamaan visi dalam hal pengembangan eksplorasi anak.

"Kenapa Disney? Semua orang kenal Disney dari anak-anak hingga orang dewasa kenal karakter Disney, sebut saja Mickey Mouse, Minnie Mouse, Pooh, Cars, Frozen. Terpenting Disney memiliki slogan yang sesuai dengan visi kita yaitu "Never Stop Dreaming" karena itulah kolaborasi kita dengan Disney agar anak bisa eksplorasi imajinasinya," ungkap Ellen.

 

Di acara yang sama Tyna Kanna Mirdad juga ikut berbagi keseruan pengalaman saat renovasi kamar dengan anak-anaknya.

“Kebetulan banget aku memang sedang renovasi kamar bareng anak-anakku sembari cari suasana baru di tengah pandemi. Saat tahu Avian Brands meluncurkan edisi Disney pas banget aku lagi debat dengan anak-anak tentang konsep kamar mereka, yang paling kecil ingin berbau princess sedangkan kakaknya ingin bertema galaxy,” ujar Tyna.

Ia pun bercerita sering cerewet soal kebersihan dinding  karena imajinasi anak yang tidak terduga mereka biasa menuangkannya spontanitas di dinding.

“Sebagai seorang ibu dulu aku cerewet banget soal urusan tembok takut kecoret atau kegores sedikit aja langsung pusing mikirin untuk cat ulang. Semenjak pakai cat Avian dengan spesial efek menarik sekaligus mudah dibersihkan pas banget lagi pandemi di mana anak-anak mulai bosan di rumah dan ingin menumpahkan kreativitas dan aku pun gak mau anak melulu bermain gadget jadi aku melibatkan mereka untuk mewujudkan tema dan menggambar sendiri desain sesuai keinginan mereka,” ungkap Tyna.

Ia pun terbilang pemilih dalam hal memilih cat, ia mengungkapkan hanya memilih cat dengan standar keamanan sekaligus memiliki fungsionalitas yang bisa mengimbangi perilaku imajinatif anak di rumah. “Tentu yang aman karena anakku yang pertama itu cukup sensitif dengan pernapasan. Selain aman hasil cat pun juga penting. Dengan varian cat Avian Brands yang mudah dihapus dan memiliki aneka warna menarik aku bisa membebaskan anak-anak berkreasi corat-coret dinding sesuai keinginan mereka tanpa perlu was-was tak bisa dihapus,” ujarnya.

Tak ketinggalan Designer Interior Agatha Carolina dari Principal Bitte Design Studio ikut membeberkan seputar tren warna tahun 2020.

“Di tahun 2020 ini concern semua orang adalah tentang kesehatan dan kebanyakan desain kita beradaptasi dan menjadi lebih peduli pada higienitas dan aspek kesehatan. Material memegang peranan sangat penting karena material tersebut yang berinteraksi dengan kita di suatu ruang  dalam keseharian kita, salah satunya adalah material cat,” katanya.

Sebelum memutuskan menggunakan cat terutama untuk di ruangan anak Agatha menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Kita harus paham benar cat yang kita pilih karena di luar sana banyak sekali tipe cat, kita harus pilih yang ramah lingkungan, kadar VOC  rendah, dan juga memiliki kemampuan anti bakteri yang seperti kita tahu di era pandemi bakteri, virus langsung berdampak dengan kesehatan kita,” jelas Agatha.

“Bagi anak-anak di situasi sekarang rumah bukan hanya sekedar tempat tinggal tapi juga tempat bermain dan belajar sehingga  peran rumah saat ini menggantikan sekolah. Jadi tantangannya bagaimana membuat desain rumah yang bisa bikin mereka betah main dan belajar di rumah, dan itu balik lagi harus didasarkan pada personality anak-anak,” tambahnya.

Tak bisa dipungkiri bahwa hampir semua anak menyukai karakter dalam film kartun. Mengapa? Alasannya sederhana karena kartun menghadirkan warna-warna cerah. Oleh karena itu, di setiap ragam karakternya sengaja menampilkan banyak warna untuk menarik anak-anak.

“Makanya penting sekali untuk kita memiliki sebuah ruang dan pilihan warna cat, karena cat itu bermain dengan warna, dan warna itu memberikan suatu efek psikologis  sendiri untuk menciptakan suasana di dalam ruang. Sehingga dengan memahami psikologi warna kita bisa menerapkannya sesuai dengan karakter tiap  anak,”terang Agatha.

“Di tahun 2020 ini kita lebih banyak bermain dengan warna terang atau bright color yang memberikan efek psikologi lebih bersih dan lebih gampang untuk melihat spot yang kotor dan tahu kapan untuk membersihkannya.

Sebagai seorang interior designer, ia pun mengemukakan pandangannya terhadap produk Avian Brands bersama Disney.

“Dari sudut seorang interior designer aku suka banget dengan pilihan cat Avian Brands edisi Disney yang beragam dan tentu saja juga fungsionalitasnya yang akrab dengn kebiasaan anak, seperti suka corat-coret, menempel stiker sembarangan namun tetap  mudah dibersihkan,” jelasnya.

Menariknya Avian Brands bekerjasama dengan Archify menyelenggarakan Interior Design Competition bertajuk Unlock Your Magical Room di media sosial Instagram yang dibuka untuk umum dari tanggal 2 November s/d 13 Desember 2020. Peserta cukup upload foto desain ruangan impian seperti ruang tidur, ruang belajar, atau ruangan bermain dengan mengangkat tema karakter Disney menggunakan produk Cat Seri Disney.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Archify (@archify.now)

Nantinya bakal ada 12 desain terpilih untuk memenangkan total hadiah puluhan juta rupiah. Tak hanya itu desain mereka nantinya juga akan direalisasikan sebagai bagian dai campaign Avian Brands edisi Disney.

“Kita akan memilih 12 pemenang untuk mendapat hadiah jutaan rupiah, namun yang paling seru lagi para pemenang akan menjadi bagian dari campaign Avian Brands di tahun depan dan itu akan dibangun dalam skala 1:1 jadi apa yang mereka desain akan bisa direalisasikan,” ujar Ricky Cahyadi, Founder of Archify.

Tunggu apalagi, ayo kirim magical design room terbaik Anda, menangkan hadiahnya, dan realisasikan #unlockyourmagicalroom!

 

(*)