Sukses

Chef Asal Thailand Ditunjuk Sebagai Duta Pangan Berkelanjutan PBB

Chef Chumpol Jangpari ditunjuk Feed@UN PBB sebagai Duta Pangan Berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Pariwisata Thailand yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand mengumumkan Chef Chumpol Jangpari sebagai Duta Pangan Berkelanjutan Feed@UN Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selama ini, Chef Chumpol telah diakui secara internasional.

FeedUp@UN (Perserikatan Bangsa-Bangsa) merupakan sistem rantai pasokan digital yang menghubungkan berbagai pihak mulai dari petani, produsen, dan lain-lain. FeedUP@UN mendukung keberlanjutan pangan dengan mengurangi emisi gas rumah kaca, memperkuat ketahanan iklim, dan mengakhiri kelaparan, dilansir dari Pattaya Mail, Rabu, 4 November 2020.

Misi FeedUP@UN adalah untuk bertukar kebijaksanaan pangan tentang keberlanjutan dengan produsen dan konsumen makanan. Program ini menggunakan platform digital bekerja sama dengan 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Salah satu pendekatan inovatif yang digunakan FeedUp@UN adalah menghubungkan pertanian skala kecil dengan bantuan tunai untuk program kerja. Dengan cara ini, keluarga miskin dapat membeli makanan lokal dari petani.

Program ini juga menyuntikkan dana tunai ke ekonomi pedesaan lokal, membantu untuk memulai hal yang baik di mana orang-orang yang sebelumnya di luar ekonomi menjadi konsumen sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Chef Internasional

Gubernur TAT (Otoritas Turis Thailand) Yuthasak Supasorn mengatakan selama bertahun-tahun, TAT telah memberikan penghargaan kepada individu-individu yang berkontribusi pada promosi konsumsi dan produksi pangan Thailand yang berkelanjutan. "Kami memberi hormat kepada Chef Chumpol atas penghargaan terbarunya yang membantu mendukung Thailand sebagai yang terbaik dalam hal keunggulan dan keberlanjutan kuliner," jelasnya.

Chef Chumpol dianggap sebagai promotor kelas dunia dan duta sejati masakan asli Thailand. Ia menempuh karier memasak dan memperoleh pengalaman di Blue Elephant di Kopenhagen ketika baru berusia 19 tahun. Tidak lama kemudian, ia menjadi Chef Eksekutif restoran BE di Brussel dan naik ke Corporate Head Chef di dunia pada 2002.

Pada April 2018, Chef Chumpol membuka Restoran R-HAAN bekerja sama dengan 'Todd' Piti Bhirombhakdi, Direktur dan Wakil Presiden Eksekutif Boon Rawd Brewery Co., Ltd., dan restoran tersebut dianugerahi dua Bintang Michelin untuk 2020.

Chef Chumpol secara profesional telah membawa berbagai bahan makanan asli Thailand ke tingkat lebih tinggi yang menguntungkan produsen makanan lokal. Ia memperjuangkan pemasok makanan lokal untuk mendapatkan manfaat dari konsumsi dan produksi yang berkelanjutan, karena ini dianggap sebagai langkah penting menuju pembangunan berkelanjutan di Thailand, secara lokal dan global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.