Sukses

Jakarta Fashion Week 2021 Digelar Daring, Bakal Ada Tribute untuk Barli Asmara

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang perjalanan sejak diselenggarakan pada 2008, untuk pertama kalinya Jakarta Fashion Week (JFW) mengadopsi format baru dalam penyelenggaraannya. Bukan seminggu seperti biasa, annual fashion event ini bakal berlangsung selama empat hari, yakni 26--29 November 2020, secara digital.

Direktur JFW, Lenni Tedja, mengatakan bahwa pelaksanaan acara tahun ini merupakan refleksi semangat dalam menjaga kreativitas para pelaku fesyen. Sebagaimana sektor lain, mode pun bukan pengecualian dari dampak pandemi COVID-19.

"Walau dalam situasi sulit seperti sekarang, kami terus encourge pelaku fesyen untuk berkreativitas," katanya dalam konferensi pers daring, Kamis (22/10/2020).

Ia mengatakan, bukan perihal mudah bertransisi ke format digital. Pasalnya, ada beberapa komponen tambahan yang sebelumnya tak dibutuhkan saat acara berlangsung secara offline.

"Semua konten JFW 2021 ini pre-recorded," katanya. Dalam penggarapan, Lenni memastikan semua pihak sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tak kurang total dari 16 show bakal menghiasi gelaran JFW 2021, baik pergelaran busana tunggal maupun kolektif. Setiap sesinya bisa ditonton di microsite JFW.TV, aplikasi ponsel JFW, media sosial, dan media partner JFW.

"Karena dalam format digital, tak akan ada pembatasan penonton. Semua bisa menonton di mana pun berada lewat banyak pilihan media yang sudah kami sediakan," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Bakal Ada Tribute untuk Barli Asmara

Jakarta Fashion Week 2021 dijelaskan bakal melibatkan setidaknya 61 desainer. Beberapa di antaranya adalah Rani Hatta, Jenahara, KAMI, Lekat, Yosafat, Rinaldi Yunardi, dan Albert Yanuar. "Ada juga tribute to Barli Asmara," kata Lenni.

Ia mengatakan, mendiang Barli adalah salah satu pengisi Dewi Fashion Knight (DFK). Selama jadi desainer, ia telah melahirkan karya yang patut diberi penghargaan. Kendati mengaku belum bisa berbicara rinci, tribute ini akan berupa rangkuman perjalanan Barli di dunia fesyen.

Refleksinya akan diperlihatkan lewat koleksi busana Barli sebelumnya maupun koleksi terbaru yang belum sempat ditampilkan. Di samping pergelaran busana, ada juga tiga kompetisi yang menyemarakkan penyelenggaraan JFW 2021. Mereka adalah lomba perancang busana pria, lomba perancang aksesori, dan FASHION FORCE AWARD.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: