Sukses

Taiwan Jadi Destinasi Wisata Paling Dicari, Indonesia Nomor Berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Pariwisata jadi salah satu industri yang terdampak pandemi Covid-19. Kondisi krisis ini turut memunculkan kerinduan untuk kembali menikmati perjalanan, baik ke destinasi wisata dalam maupun luar negeri.

Berdasarkan siara pers yang diterima Liputan6.com, Kamis, 8 Oktober 2020, menurut data Agoda, beberapa negara muncul sebagai destinasi paling dicari hingga akhir 2020. Termasuk di dalamnya Taiwan, Thailand, dan Jepang. Taiwan menempati posisi teratas dan kerap dicari ragam kategori pelancong, dari pasangan, solo traveler, keluarga, hingga grup.

Negara beribu kota Taipei ini sukses menggeser jawara tahun lalu, yakni Taiwan. Posisi selanjutnya ditempati lalu disusul Jepang, Vietnam, dan Korea Selatan yang masuk dalam lima negara terpopuler. Berlanjut dengan Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, Malaysia, dan Indonesia.

Data Agoda menunjukkan adanya perbedaan destinasi wisata yang dicari tiap tipe wisatawan. Misal, Jepang dan Thailand banyak dicari para solo traveler. Sementara, pelaku wisata keluarga lebih banyak mencari penawaran untuk Thailand dan Vietnam.

Lalu, bagaimana dengan wisatawan yang bepergian dalam grup? Vietnam adalah destinasi kedua yang paling dicari wisatawan, diikuti Thailand. Wisatawan kategori ini turut memiliki opsi destinasi lebih luas, termasuk Filipina dan Israel yang tak termasuk dalam daftar 10 teratas bagi semua tipe wisatawan.

Ada beragam pencarian destinasi wisata di wilayah Asia Pasifik pada 2019. Kini, dengan opsi pasar lebih sedikit untuk wisatawan internasional, Taiwan jadi destinasi yang paling sering dicari oleh wisatawan domestik dan internasional Agoda.

Negara ini mendominasi destinasi utama di semester kedua 2020 dengan tujuh destinasi terpopuler dalam daftar destinasi 10 teratas. Di posisi pertama ada Hualien, berlanjut di posisi kedua Yilan, Taipei peringkat ketiga, Kenting di posisi keempat, disusul Taitung, Nantou, dan Taichung di posisi terakhir. Hal ini menandai perubahan besar dari 2019 yang memiliki opsi destinasi lebih beragam di berbagai wilayah di Asia.

Hualien, Yilan, dan Taipei adalah destinasi wisata yang paling sering dicari untuk berlibur menjelang akhir 2020. Hualien dan Yilan sendiri merupakan pendatang baru dalam daftar 10 destinasi terpopuler tahun ini. Bangkok dan Tokyo, dua destinasi paling dicari pada 2019, turun ke posisi tujuh dan sepuluh. Sementara, Taipei di tempat ketiga mempertahankan posisinya dari tahun lalu.

2 dari 3 halaman

Destinasi Populer bagi Setiap Tipe Wisatawan

Hualian, kota pelabuhan dengan panorama pantai dan jalan di pesisirnya adalah destinasi paling populer untuk semua kategori wisatawan, kecuali bagi solo traveler yang lebih memilih Tokyo. Lalu, Yilan, dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, Cold Spring, dan kuliner setempat jadi daya tarik kedua bagi wisatawan berkelompok dan keluarga.

Kota lain dengan kekayaan alam yang jadi pilihan wisata keluarga, yakni kota tepi pantai, Taitung dan Nantou. Wisatawan pasangan mengincar Taipei, sedangkan solo traveler lebih memilih kota besar kaya budaya dan kehidupan malam yang meriah, seperti Tokyo dan Bangkok.

Bagi pasangan, tujuan wisata impian tahun ini adalah Hualian, Taipei, Bangkok, diikuti Yilan, dan Jeju Island. Wisatawan keluarga lebih banyak mencari altenatif tujuan wisata yang jarang dikunjungi orang dan tak ramai di tahun ini.

Daftar tujuan wisata tahun ini didominasi destinasi di Taiwan, yaitu Hualien, Taipei, dan Yilan di daftar lima teratas, diikuti Bangkok dan Jeju Island. Wisatawan kelompok telah mengubah pencarian mereka ke tujuan wisata pedesaan di Hualian, Yilan, Nantou, Taitung, dan Kenting hingga akhir 2020. Awalnya mereka lebih suka destinasi pantai, seperti Batangas (Filipina), Pattaya (Thailand), dan Okinawa Main Island (Jepang) yang muncul sebagai tiga pencarian teratas tahun lalu.

Menariknya, untuk solo traveler, Tokyo, Bangkok dan Taipei tetap berada di posisi teratas untuk destinasi paling dicari pada 2019 dan 2020, dengan kemunculan perdana Hualian, Jeju Island, dan Okinawa Main Island sebagai destinasi top tahun ini. Singapura, Bali dan London, destinasi paling dicari solo traveler tahun lalu, justru tak masuk daftar destinasi impian di 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: