Sukses

Bisnis Fesyen Sedang Menurun, Anne Avantie Banting Setir Jualan Sambal

Liputan6.com, Jakarta -  Pandemi corona Covid-19 membuat sejumlah usaha terdampak karena penghasilan mereka menurun, termasuk desainer top Anne Avantie. Desainer kebaya ini mencoba peruntungan baru di dunia kuliner dan mengaku, jika bisnis barunya ini merupakan salah satu cara untuk tetap bisa bertahan di tengah masa sulit.

"Saat penghasilan dari satu sisi tidak bisa diandalkan, maka saya mengandalkan satu sisi yang masih bisa saya andalkan. Dan yang tidak pernah bisa hilang dan dicuri oleh siapapun juga dalam hidup adalah talenta," ucapnya menggambarkan mengenai kemampuan memasak yang ia miliki dalam video yang diunggah di IGTV miliknya.

Beberapa pekan ini, akun Instagram Anne Avantie penuh dengan unggahan bertema kuliner. Foto-foto kebaya cantik yang biasa diunggahnya berganti sambal. Sambal-sambal tersebut adalah produk bisnis terbarunya yang diberi nama Dapur Ndeso Anne Avantie.

Ia membuat berbagai sambal khas Indonesia seperti sambal petai, sambal goreng krecek, sambal teri petai, sambal goreng mangut dan sambal cumi asin. Namun, yang paling spesial menurut Anne adalah Sambal Krecek Pete yang menurutnya merupakan salah satu yang terlaris.

Perempuan berusia 54 tahun ini sepertinya tak mau tanggung-tanggung menekuni bisnis kuliner. Ia pun membuat akun khusus yaitu Dapur Ndeso by Anne Avantie sejak 4 September 2020.

"Saat ini ada lima sambal yang tersedia yaitu petai universe, goreng krecek, teri petai, goreng mangut dan cumi asin. Harganya mulai dari Rp99 ribu untuk botol isi 250 ml, Rp169 ribu untuk botol isi 400 ml dan Rp339 ribu untuk botol isi 700 ml," terang tim Dapur Ndeso by Anne Avantie pada Liputan6.com, Senin (21/9/2020).

2 dari 3 halaman

Miss Sambal Indonesia

Tak hanya mempromosikan sambal buatannya, Anne juga membagikan berbagai resep masakan yang bisa dibuat dengan sambal buatannya. Dalam unggahan lain di akun Instagramnya, Anne Avantie menceritakan alasan ia menekuni usaha kuliner. Situasi saat pandemi ini membuat segalanya berubah, Anne pun mau tak mau juga harus ikut untuk beradaptasi.

Bidang kuliner langsung terlintas di benaknya karena ia memang hobi masak sejak kecil dan akhirnya banting setir berjualan sambal. Belakangan ini ia juga sering mengunggah konten bertajuk "Ini Makan Siangku, Mana Makan Siangmu". Dari sana, banyak pengikutnya yang tertarik dan mengapresiasi.

"Suatu malam setelah berdoa, saya melihat satu sinar, sebuah titik menyelinap dalam hati saya, Tuhan mengatakan, 'Ini jalanmu anak-Ku.' Aku berpikir jalan mana yang dimaksud. Apa mungkin saya kemudian bikin sambal. Akhirnya terjadilah, Dapur Ndeso Anne Avantie," ucapnya dalam unggahan pada 17 September 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: