Sukses

Harry dan Meghan Lunasi Biaya Renovasi Frogmore Cottage Senilai Rp46,5 Miliar

Sebelum mundur sebagai anggota kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Markle berjanji akan membayar seluruh biaya renovasi Frogmore Cottage agar bisa tetap jadi kediaman mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle melunasi biaya yang dihabiskan untuk merenovasi kediaman mereka di Inggris, Frogmore Cottage. Biaya renovasi yang diperoleh dari pajak warga itu mencapai 2,4 juta Pound sterling atau sekitar Rp46,5 miliar.

Seorang juru bicara pasangan Meghan dan Harry mengeluarkan pernyataan berkaitan dengan pelunasan tersebut pada Senin, 7 September 2020. "Kontribusi telah diberikan kepada Sovereign Grant (Hibah Kerajaan) oleh Duke of Sussex. Kontribusi ini, yang ditawarkan pertama kali oleh Pangeran Harry, telah menutup biaya renovasi Frogmore Cottage sepenuhnya, sebuah properti milik Yang Mulia Ratu, dan akan tetap menjadi kediaman Pangeran dan keluarganya selama di Inggris,"

Dikutip dari laman Hello Magazine, Selasa (8/9/2020), Frogmore Cottage direnovasi besar-besaran pada 2019. Proyek ini dilakukan sebelum pasangan Sussex memutuskan pindah dari Istana Kensington.

Renovasi tersebut membuat properti yang didaftarkan sebagai Grade II itu berfungsi sebagai rumah bagi keluarga tunggal. Frogmore Cottage sebelumnya hanya menjadi apartemen yang terpisah dari bangunan utama.

Sebelum ditempati, Harry dan Meghan sempat tinggal di Nottingham Cottage di Istana Kensington. Mereka pindah ke Windsor sebelum kelahiran bayi Archie. Tempat itu juga menjadi saksi bisu resepsi pernikahan pasangan itu pada Mei 2018.

Namun, Meghan dan Harry memilih mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris per Maret 2020. Mereka bahkan sudah tak lagi tinggal di Inggris sejak akhir 2019 dengan pindah ke Kanada. Seiring keputusan itu, Istana Buckingham mengeluarkan pernyataan bahwa Harry dan Meghan akan membayar Hibah Kerajaan yang dihabiskan untuk merenovasi Frogmore Cottage.

"Istana Buckingham tidak akan mengomentari detail pengaturan keamanan. Akan ada proses independen yang dibuat untuk menentukan kebutuhan akan keamanan yang didanai oleh uang publik. Model baru ini akan berlaku pada Musim Semi 2020," demikian pernyataan saat itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Netflix

Keluarga kecil Harry kini menetap di Montecito, Santa Barbara, Amerika Serikat. Mereka membeli hunian seharga 11,2 juta Pound sterling yang disebut memberikan lebih banyak privasi bagi keluarga tersebut.

Meghan dan Harry sesekali tampil di publik dengan mengikuti beragam acara. Salah satu yang terbaru adalah mereka bergabung dengan sebuah organisasi nirlaba untuk menanam bunga bersama anak-anak di Pusat Pembelajaran Prasekolah.

Pada minggu lalu, Duke dan Duchess juga telah membuat perusahaan produksi sendiri dan membuat kesepakatan bersama Netflix. Lewat rumah produksi itu, mereka akan mmproduseri serial dokumenter, film, pertunjukan bernaskah, dan acara anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.