Sukses

Menengok Perjalanan 35 Tahun Dufan Ancol

Liputan6.com, Jakarta - Dunia Fantasi (Dufan) Ancol genap berusia 35 tahun hari ini, Sabtu (29/8/2020). Hingga saat ini, Dufan tetap eksis sebagai kawasan wahana bermain yang diminati dan menjadi favorit wisatawan saat mereka berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol.

"Denyut inovasi Dufan tidak pernah berhenti. Diharapkan dengan selalu hadirnya wahana baru di kawasan ini dapat menambah kebahagiaan dan kegembiraan seluruh anggota keluarga," kata Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, dalam keterangan tertulis, Jumat, 28 Agustus 2020.

Dufan memulai perjalannya pada 29 Agustus 1985. Perjalanan dari sebuah cita-cita untuk menciptakan kebahagiaan seluruh keluarga Indonesia. Seperti sebuah perjalanan, Dufan Ancol selalu bergerak untuk maju dan berinovasi untuk menciptakan dan menghadirkan pengalaman liburan indah dan seru yang tidak terlupakan.

Saat dibuka, kawasan ini memiliki luas 10 hektare dengan 12 wahana yang seru dan memacu adrenalin. Selanjutnya, Dufan diperluas menjadi 12 hektare dengan 18 wahana dalam rentang 1988 -– 1992.

Tak berhenti di situ, dengan bertambahnya wisatawan menghabiskan liburannya bersama keluarga di kawasan ini, Dufan kembali memperluas kawasannya. Pada rentang waktu 2002--2012 Dufan menambah wahananya dengan total 25 wahana dan luasan 18 hektare, lalu bertambah lima wahana baru pada rentang waktu 2014--2017, sehingga memilki 30 wahana dengan luas area 19 hektare.

2 dari 3 halaman

36 Wahana

Kini area bermain yang memiliki keistimewaan di hati masyarakat melengkapinya dengan 36 wahana dengan kawasan yang lebih luas lagi, yaitu 21 hektare. Adanya perluasan kawasan dan penambahan wahana ini tidak lain hanya ingin menjadikan kawasan Dufan sebagai destinasi wisata dan liburan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Hanya di Dunia Fantasi pengunjung diajak berpetualang dengan sembilan kawasan yang tematik, mulai dari Kawasan Hikayat, Indonesia, Eropa, Yunani, Jakarta, Asia, Amerika, Kidz Fantasy, dan Dunia Kartun. Semua nama-nama kawasan itu memiliki keunikan berbeda-beda, mulai dari tema arsitektur bangunan hingga ornamennya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :