Sukses

Kejuaraan Dunia Memeluk Pohon di Finlandia, Bisa Diikuti Secara Online

Adapun kontes dunia memeluk pohon ini dilaksanakan di Levi, Finlandia.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam kompetisi unik yang terselenggara di seantero jagat. Salah satunya adalah Kejuaraan Dunia Memeluk Pohon pertama yang menobatkan Stefania D asal Italia sebagai pemenang pada 22 Agustus 2020.

Dilansir dari laman South China Morning Post, Kamis (27/8/2020), sampai 29 Agustus mendatang, siapa saja yang ingin memeluk pohon dapat mengikuti kompetisi virtual. Momen itu menjadi akhir dari Tree-hugging Week yang telah dirayakan di Finlandia sejak 2016.

Direncanakan sebelum corona Covid-19 melanda, kejuaraan yang digelar di Hutan HaliPuu, Levi, Finlandia, tersebut harus diperkecil sebagai akibat dari pembatasan pandemi. Kendati demikian, acara tetap menarik atensi dari mereka yang mewakili Australia, Amerika Serikat, Estonia, Finlandia, Inggris, Italia, Malaysia, Poladia, Rusia, dan Ukraina.

Menurut penyelenggara, acara tersebut disaksikan langsung oleh lebih dari 12 ribu penonton secara global di Periscope dan Instagram. Para peserta sudah tinggal di Levi dan tidak perlu bepergian.

Mereka berkompetisi dalam tiga pertandingan, yakni pelukan cepat (kebanyakan memeluk pohon dalam 90 detik, masing-masing pelukan berlangsung minimal lima detik), dedikasi (pelukan paling berdedikasi yang berlangsung setidaknya satu menit). Serta, gaya bebas (pelukan paling kreatif berlangsung maksimal 30 detik).

"Beberapa gaya memeluk pohon dipamerkan selama acara termasuk aksi akrobatik yang mengesankan (handstand) dan pelukan dongeng ibu-anak yang indah (oleh tim Rusia)," demikian bunyi siaran pers.

Namun, tidak ada yang secara meyakinkan peduli dan mendalam seperti yang dimiliki sang juara, menurut ketiga juri, yang semuanya adalah pemeluk pohon yang "berpengalaman". "Saya sangat gugup sebelum memulai," kata Stefania dari Italia.

"Namun saat kompetisi usai, saya dipenuhi energi positif dari pepohonan, hutan dan cinta yang mengalir dari peserta lainnya," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Secara Online

Bagi yang tertarik mengikuti kontes secara virtual harus mengunggah foto diri atau orang yang dicintai yang sedang memeluk pohon ke situs web kejuaraan dunia ini. Anda juga dapat mengunggahnya di Instagram dengan tagar TreeHugging2020, HaliPuu.

Lalu, sertakan koordinat pohon yang dimaksud dalam foto. Tak lupa menuliskan deskripsi maksimal 25 kata soal mengapa menyukai pohon tertentu atau memeluk pohon secara umum.

Pemenang akan dipilih berdasarkan "perasaan mendalam yang disampaikan dalam pelukan pohon, serta kreativitas dan kesenangan dalam gambar". Pemenang akan diumumkan pada 30 Agustus 2020.

Hadiahnya adalah undangan untuk berkompetisi di Kejuaraan Dunia Memeluk Pohon 2021. Mereka akan diberi akomodasi gratis selama seminggu dan merasakan pengalaman pribadi Arctic Cocooning dengan anggota dari perusahaan pariwisata HaliPuu (bahasa Finlandia untuk memeluk pohon).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.