Sukses

6 Fakta Kelahiran Anak Kedua Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Liputan6.com, Jakarta - Kahiyang Ayu baru saja melahirkan anak keduanya. Persalinan tersebut terbilang mengejutkan karena tak ada kabar apapun soal kehamilan kedua putri Presiden Joko Widodo sebelumnya.

Baik Ayang maupun Bobby Nasution tak mengunggah satu pun petunjuk soal kehamilan di akun media sosial masing-masing. Ayang terakhir kali mengunggah potretnya bersama suami dan putrinya Sedah Mirah pada 1 Agustus 2020 lalu. Potret itu sebagai penanda ulang tahun ke-2 sang putri.

Sementara, Bobby sibuk bersilaturahmi ke sejumlah pihak di Medan seminggu sebelum kelahiran putranya. Meski tak dinyatakan secara langsung, kunjungan ke Medan dengan agenda yang bervariasi itu disinyalir sebagai bagian kampanye usai dirinya menyatakan maju dalam Pilkada Medan.

Publik baru menyadari kehamilan Kahiyang setelah foto-foto maternity-nya tersebar di media sosial. Pada hari yang sama saat publik masih penasaran waktu persalinannya, Bobby pun menggelar jumpa pers. Lalu, apa saja fakta menarik dari kelahiran cucu keempat Jokowi dan Iriana itu?

1. Diumumkan Sehari Setelah Lahir

Dalam jumpa pers yang diselenggarakan pada Selasa malam, 4 Agustus 2020, Bobby menyampaikan kelahiran anak keduanya. Ia menyebut bayinya lahir pada 3 Agustus 2020, pukul 20.21 WIB, di RS YPK Mandiri. Ini berarti kelahirannya tak jauh dari sang kakak, Sedah Mirah.

"Pada tanggal 3 Agustus 2020, pukul 20.21, istri saya melahirkan anak kami yang kedua berjenis kelamin laki-laki. Alhamdulilah, sehat wal afiyat," kata Bobby.

 

 

2 dari 7 halaman

2. Melahirkan Sesar

Bobby menyampaikan putranya lahir dengan berat badan 3,4 kilogram dan panjang 49,5 cm. Persalinan dilakukan secara sesar karena ada pertimbangan medis yang melatarinya. Dengan demikian, Kahiyang sudah dua kali menjalani persalinan secara sesar.

"Mungkin dokter Rina nanti menjelaskan perihal medisnya," ujar Bobby.

 

 

3 dari 7 halaman

3. Nama Anak

Bobby mengaku sudah mempersiapkan nama untuk buah hatinya yang kedua. Namun, ia masih enggan mengumumkannya kepada publik.

"Yang saya mau kasih tahu nama belakangnya saja, Nasution," kata dia.

 

 

4 dari 7 halaman

4. Lahir Lebih Cepat

dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K), ikut mendampingi Bobby ketika mengumumkan kelahiran cucu keempat Jokowi. Ia mengatakan kelahiran itu lebih cepat dari perkiraan dengan ukuran bayi yang cukup besar.

"Bayi ini lahir lebih cepat melalui sesar, tapi alhamdulillah sehat," kata dr. Rina.

 

 

 

5 dari 7 halaman

5. Langsung Diberi ASI

dr. Rina juga memberikan jempol kepada Kahiyang karena bisa memberikan ASI sejak pertama melahirkan anak keduanya. Sebelumnya, Ayang diketahui memberikan ASI eksklusif bagi Sedah Mirah dan diberikan full hingga genap dua tahun.

"Ini sebagai contoh yang baik. Mudah-mudahan dengan ASI, anak-anak ini dapat tumbuh dengan baik dan sehat dan mungkin jadi pemimpin-pemimpin besar nanti," kata dia.

 

 

6 dari 7 halaman

6. Kenakan Gaun Biru

Sehari setelah melahirkan, foto-foto maternity Kahiyang dan keluarga kecilnya yang dijepret fotografer kenamaan, Diera Bachir, tersebar di dunia maya. Dalam sebuah sesi, ia kompak mengenakan baju berwarna biru dengan bantuan penata gaya Doley Tobing.

Sang fotografer yang mengusung konsep cahaya senja dalam pemotretan itu sempat menggoda publik dengan mengunggah pertanyaan, "kira2 anaknya cewe atau cowo yaah.. yang penting sehat2 lancar2 yaah Bu @ayanggkahiyang."

Biru selama ini identik dengan warna bayi lelaki. Mungkin itu pula yang menjadi alasan Kahiyang mengenakan warna tersebut dalam sesi pemotretan itu.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: