Sukses

Warna Cat Dinding Paling Cocok untuk Setiap Ruangan di Rumah Menurut Psikolog

Liputan6.com, Jakarta - Rumah satu dari sedikit ruang personal yang dipengaruhi, bahkan memengaruhi kepribadian seseorang. Secara spefisik, menurut ilmu psikologi, warna ruangan tempat Anda berkegiatan akan memengaruhi perasaan selama berada di sana.

Mengutip laman verywellmind, Selasa, 7 Juli 2020, sementara merah bisa membantu Anda fokus, biru sanggup menenangkan. Mengecat ruang dengan warna tertentu bisa membuat Anda mencapai apa yang diimpikan.

Jadi, ada beberapa warna yang disarankan untuk ruangan tertentu, namun tidak bagi ruang lain. Berdasarkan laporan brightside.me, berikut warna cat dinding yang cocok bagi setiap ruangan di rumah dari kacamata psikolgi.

1. Ruang Keluarga

Warna oranye bisa membuat Anda mereasa bersemangat selama tetap merasakan perasaan hangat. Karena kesan ini, oranye dianggap sebagai warna terbaik untuk dinding di ruang keluarga.

Gradasi yang dipilih bisa bermacam-macam, entah sedikit terang maupun tipis di gradasi dusty. Oranye ini juga bisa diaplikasikan di dinding tertentu, tak melulu empat sisi di ruang keluarga, tergantung bagaimana padanannya sedap di pandang mata.

2. Dapur

Warna kuning dipercaya bisa meningkatkan produksi hormon serotonin di dalam tubuh dan meningkatkan napsu makan. Kareanya, supaya lebih semangat dalam mengolah makanan, kuning jadi warna cat yang direkomendasikan untuk dapur.

Sebagaimana oranye untuk ruang keluarga, penggunaan warna kuning ini bisa dipersonalisasi sesuai keinginan Anda. Entah dalam bentuk motif maupun sebagai warna cat dinding keseluruhan.

2 dari 6 halaman

3. Ruang Kantor di Rumah

Menurut para ahli, warna merah membuat orang lebih produktif. Saat bekerja di ruangan bercat merah, kecepatan dan ketelitian orang dikatakan bertambah. Karenanya, warna cat ini direkomendasikan untuk ruang kerja di rumah.

Dengan tujuan yang sama, cat dinding berwarna merah juga bisa dimanfaatkan untuk pusat kebugaran di rumah. Berolahraga pun jadi lebih maksimal.

3 dari 6 halaman

4. Kamar Tidur

Warna biru tak hanya dipercaya mendatangkan kenyamanan, namun juga memenuhi ruang dengan nuansa tentram. Karenanya, pilihan warna ini sangat cocok dipakai di ruang istirahat seperti kamar tidur.

Memanfaatkan warna biru, diharapkan tubuh bisa dengan lebih cepat merasa rileks. Juga, mendapat kualitas tidur yang dibutuhkan untuk kembali bugar.

4 dari 6 halaman

5. Lorong dan Area Pintu Masuk

Abu adalah warna terbaik untuk lorong rumah maupun area sekitar pintu masuk. Tone warna cerah, namun tak seterang putih, membuat area sekitar lebih terang dengan kesan tetap elegan.

Karenanya, penggunaan abu muda jadi yang paling disarankan, dan pengecatannya bisa di seluruh area dinding tanpa perlu dikombinasikan dengan warna lain.

5 dari 6 halaman

6. Ruang Sering Dilalui

Merah muda acap kali dikaitkan dengan kesan feminin, padahal aplikasinya bermakna lebih jauh dari itu. Dinding bercat merah muda dikatakan akan dengan mudah meredakan tensi dan membantu menghindari konflik berkepanjangan.

Warna satu ini dikatakan mendorong kualitas kebaikan dari seseorang. Karenanya, ruang-ruang sibuk, seperti tangga maupun bagian lain dari rumah yang dilalui disarankan dicat warna merah muda.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: