Sukses

Qatar Airways Wajibkan Penumpang Kelas Ekonomi Pakai Masker dan Pelindung Wajah

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan masker pada penerbangan dengan cepat menjadi norma karena para pelancong kembali menggunakan pesawat sebagai transportasi. Namun, Qatar Airways mengambil langkah lebih jauh.

Maskapai penerbangan asal Qatar itu mengumumkan bahwa para penumpangnya akan diwajibkan mengenakan pelindung wajah. Selain itu, mereka juga diharuskan mengenakan masker wajah.

Maskapai penerbangan itu juga mengatakan akan membagikan peralatan keselamatan yang meliputi pelindung wajah, pembersih tangan, masker wajah bedah, dan sarung tangan sekali pakai. Semua itu wajib dipakai penumpang sebelum naik ke pesawat, seperti dilansir dari CNN, Jumat (3/7/2020).

Pelindung wajah sekali pakai tersedia dalam dua ukuran, yakni ukuran dewasa dan anak-anak. Sedangkan, bayi di bawah usia dua tahun dikecualikan.

Pelindung wajah wajib bagi penumpang kelas ekonomi, kecuali jika mereka makan atau minum. Aturan berbeda dikenakan kepada para penumpang kelas bisnis. Mereka tak diwajibkan menggunakan masker maupun pelindung wajah lantaran memiliki lebih banyak ruang dan lebih privat.

"Siapa pun yang menolak untuk mengenakan pelindung wajah selama proses boarding tidak akan diizinkan untuk bepergian," kata juru bicara Qatar Airways.

2 dari 3 halaman

Pelindung Wajah dan Masker

Maskapai ini juga meningkatkan perlengkapan pelindung pribadi untuk staf. Awak kabin akan mengenakan gaun pelindung sekali pakai, dipasang di atas seragam mereka, ditambah kacamata keselamatan, sarung tangan dan masker.

'"Dengan memperkenalkan langkah-langkah keselamatan dan kebersihan di atas kapal tambahan ini, pelanggan kami dapat mengandalkan kami dan keahlian kami yang tak tertandingi untuk menerbangkan mereka dengan aman ke tujuan mereka," kata Kepala Eksekutif Grup Qatar Airways Akbar Al Baker.

Ia menambahkan, maskapainya salah satu yang paling berpengalaman dalam soal keselamatan dan kebersihan. Dengan begitu, para penumpang dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan percaya diri. Langkah itu dilakukan ketika maskapai ini mulai menghidupkan kembali rute yang dihentikan pada tahap awal pandemi.

Sementara, maskapai asal UEA, Emirates lebih dulu meluncurkan perlengkapan keselamatan bagi para penumpangnya. Mereka membagikan kotak keselamatan yang berisi masker, sarung tangan, tisu antibakteri, dan hand sanitiser. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :