Sukses

Kisah Mantan Driver Ojek Online Miliki 3 Outlet Makanan Kurang dari Setahun

Liputan6.com, Jakarta - Tekad dan upaya yang kuat tak jarang berjalan beriringan dengan hasil yang dicapai. Terlebih dalam menjalankan bisnis yang dapat ditempuh dengan beragam langkah, seperti dilalui oleh mantan driver ojek online bernama Dodi Sandra.

Ia adalah pemilik Pempek Pistel Kiarin di Bandung, Jawa Barat. Dodi kini tergabung sebagai salah satu merchant UMKM di aplikasi antar-makanan daring, GoFood. Namun jauh sebelum itu, ia merupakan mitra ojek online, Gojek.

"Awal bergabung 2017 menjadi driver Gojek. waktu itu masih kerja, Gojek sampingan. Pas libur saya nge-bid. Pada 2019 akhir, saya mendapatkan notifikasi dari Gojek di akun driver undangan berupa pelatihan wirausaha," kata Dodi dalam bincang daring Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood, Senin (29/6/2020).

Setelah itu, dikatakan Dodi, ia ikut ambil bagian mengisi formulir pelatihan tersebut. Tak berselang lama, ia lantas diundang untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan. Ia menyebut ada banyak keuntungan yang didapat kala itu.

"Mendapatkan pelatihan mengembangkan UMKM, penjualan di GoFood, mendapatkan modal awal dari GoFood secara cuma-cuma. Terima kasih banget dikasih kepercayaan mengembangan usaha," lanjutnya.

Kemudian, Dodi dibuatkan merchant secara langsung dan mengembangkan usaha bersama sang istri. Tak hanya Pempek Pistel Kiarin, ia juga memperluas usaha kuliner dengan mencoba sajian lain.

"Di GoFood sudah menambah dua merchant lagi dari buka akhir 2019 jadi sekarang total ada tiga outlet. Yang pertama restoran Pempek saya selipin menu yang kira-kira diminati sekitar saya seperti cireng isi, ayam juga," ungkapnya.

 
2 dari 3 halaman

Ayam Kecap hingga Cireng

Melihat respons yang positif dari pasar, Dodi akhirnya mengembangkan usaha kuliner. Yang kedua adalah ayam black sweat yang ternyata memiliki makna yang menarik.

"Saya memikirkan nama unik yang melekat di hati, itu menu utamanya ayam kecap kacang. Yang ketiga cireng isi mercon berawal dari merchant ayam, saya selipin cireng isi, konsumen banyak yang suka. Saya bikin lagi yang cireng, satu bulan omzetnya lumayan," jelas Dodi.

Cireng yang ia suguhkan juga memiliki beragam varian. Sebut saja cireng isi ayam pedas, original, hingga keju.

"Konsumen bebas memilih. Makanan pendamping dengan isi berbagai macam meningkatkan daya beli konsumen," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: