Sukses

Kisah Andien yang Makin Nyaman Jalani Pola Makan Plant-Based

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Andien Aisyah kerap berbagi beragam cerita melalui akun Instagram pribadi. Salah satunya mengenai perasaan kian mantap menjalani pola makan plant-based.

Dalam perjalanannya, ibu dua anak ini pernah mengatakan bahwa ia enggan jadi seorang vegan.

"Dulu banget pernah terucap dari mulutku sendiri, 'gue nggak akan pernah mau jadi vegan.' Dan ternyata ketula. Well akhirnya hari ini aku ada di sini. Sudah beberapa bulan ini aku menjalankan pola makan plant-based," tulis Andien.

Pola makan makanan nabati ini telah ia jalankan selama beberapa bulan, tepatnya sejak mengandung anak kedua. "Dan semakin ke sini semakin nemuin selahnya," tambahnya.

"Dan dulu, kalo denger kata 'plant-based' yang ada di pikiranku itu hanya salad. Pantes ngerasa berat yaa.. Ahaha. Setelah aku berkonsultasi ke nutritionist, akhirnya aku sekarang bener-bener nikmatin sekali isi piringku yang beranekaragam," ungkap Andien.

Istri Irfan Wahyudi atau yang akrab disapa Ippe ini kemudian menyadari bahwa hidup di Indonesia begitu menyenangkan karena dapat menikmati banyak sajian plant-based.

"Yang ada di frame: nasi singkong (oyek), horenzo, orek tempe, kacang ijo goreng. Aku pernah menulis tentang oyek di akun @andienippekawatabi," tambah Andien.

2 dari 3 halaman

Cerita soal Oyek

Dalam unggahan akun keluarga tersebut, Andien menjelaskan oyek juga dikenal sebagai sego singkong. Oyek berbahan dasar singkong, seperti halnya tiwul, hanya saja memiliki proses yang berbeda.

"Oyek disimpan dalam bentuk berasa, sementara tiwul disimpan dalam bentuk tepung gaplek," tulisnya dalam unggahan 10 Juni lalu.

"Manfaatnya? Banyak banget. Salah satunya adalah karena kadar gula yang rendah maka baik untuk orang dengan kondisi diabetes, kolesterol, obesitas, dan lain sebagainya. Oyek juga mengandung berbagai nutrisi seperti fosfor, kalsium, vitamin c, vitamin b, zat besi, protein, karbohidrat, dan lainnya," lanjutnya.

Selain itu, Andien mengakui dirinya begitu menyukai kerupuk, namun pada akhirnya ia memilih mengganti kerupuk dengan kacang hijau goreng.

"Rasanya enak, dan yang paling penting padat nutrisi," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: