Sukses

Ketahui Tanda-Tanda Freon AC Rumah Bermasalah dan Perlu Diganti

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan pemakaiannya yang rutin dan intensif, kinerja AC untuk mendinginkan ruangan bisa menjadi tidak maksimal. Bahkan tidak jarang mesin AC yang menyala hanya menghembuskan angin, ruangan yang tertutup pun tidak terasa dingin dan sejuk. Dalam hal ini, AC yang tidak dingin bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari filter ac dan kompresor kotor, ruangan tidak tertutup, ukuran PK AC tidak sesuai ruangan hingga freon habis. Terakhir adalah salah satu faktor yang kerap dihubungkan jika AC rumah tidak dingin adalah freon.

Freon merupakan senyawa kimia atau gas yang bisa memberikan efek pendinginan dan juga pemanasan pada mesin refrigerasi. Berada dalam sistem tertutup tidak memungkinkan freon AC rumah berkurang atau habis. Jadi ketika melakukan aktivitas mencuci dan merawat AC rumah tidak ada keharusan untuk mengisi atau mengganti freon.

Menurut salah satu staf Polarin Xinindo, perusahaan distribusi perlengkapan pendingin yang berlokasi di Tangerang, sebagai salah satu komponen penting pada AC, freon termasuk komponen yang paling awet dan bisa tahan lama. Jika tidak ada masalah, freon bisa bertahan selama bertahun-tahun.

“Sejujurnya, tidak perlu isi ulang ataupun mengganti freon. Karena dalam sistem pendingin, gas freon berada dalam sistem tertutup. Kecuali jika ada kebocoran, maka perlu diganti freon setelah diperbaiki kebocoran tersebut," ujar Fadli, Staf Polarin.

Untuk mengetahui ada masalah pada freon maupun kebocoran Anda bisa cek tanda-tanda ini:

1. AC Tidak Dingin Meski Sudah Dicuci

Anda sudah mencuci AC rumah secara rutin, mengatur temperatur dengan benar, ukuran PK dan ruangan pun telah sesuai tapi masih belum dingin. Di sini, Anda bisa mulai mencurigai freon.

2 dari 2 halaman

2. Muncul Bunga Es

Tanda AC tidak dingin karena freon adalah munculnya bunga es di bagian pipa instalasi maupun evaporator. Penyebab umum karena kotoran atau debu yang menghambat tekanan sirkulasi udara dalam pipa. Makanya Anda diminta untuk rutin merawat dan mencuci AC agar tidak ada kotoran atau debu yang tersumbat di pipa instalasi maupun evaporator.

3. Unit Outdoor Tidak Mengeluarkan Suhu Panas

Pada AC yang normal, bagian unit outdoor AC akan mengeluarkan suhu panas. Hal ini terjadi akibat dari proses pendinginan atau perubahan dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi. Jika suhu panas tidak muncul, bisa jadi tanda kurangnya tekanan gas freon sehingga proses pendinginan tidak terjadi. Masalah tersebut tidak bisa dibiarkan karena dapat merusak mesin kompresor. Pasanya, oli pelumas menjadi naik dan bersirkulasi ke pipa instalasi. Jika suhu kompresor naik bisa menyebabkan overheat. Kalau kompresor sudah rusak dan harus diganti, maka freon pun perlu diganti dengan yang baru.

4. Lampu Indikator Berkedip

Pada AC jenis inverter terdapat lampu indikator yang memberikan tanda jika ada masalah pada freon. Masing-masing merek bisa berbeda-beda warna dan penandanya. Jadi, Anda perlu cek di buku panduan.

Seperti halnya AC yang memiliki beragam jenis dan tipe, pada freon pun demikian. Umumnya untuk freon AC rumah ada freon tipe R22, R410A, R32 hingga R290. Masing-masing memiliki kelebihan, tipe R290 disebut-sebut memiliki tingkat ramah lingkungan paling tinggi. Sementara freon tipe R32 saat ini menjadi yang paling sering ditemukan pada AC-AC rumah tangga.

Untuk memenuhi kebutuhan freon AC rumah tangga maupun lingkup industri terkait freon, Anda bisa menghubungi PT. Polarin Xinindo. Perusahaan distribusi perlengkapan pendingin yang berlokasi di Tangerang, Banten ini menjual berbagai macam freon, yakni Freon Chemours, freon Honeywell Genetron, freon Refrigerant, freon Bailian, pure, freon Klea, dan lain sebagainya.

Selain freon AC, Polarin Xinindo juga menyediakan segala perlengkapan kompresor pendingin / AC, freon AC, pipa AC, insulasi pipa, oli kompresor, condensing unit, hicook, dan sparepart pendingin dengan kualitas baik dan harga yang kompetitif.

"Kami menjual berbagai macam jenis, merk serta harga freon AC murah, kompresor pendingin / AC, pipa AC, insulasi pipa, dan sparepart pendingin / AC yang asli dan memiliki kualitas tinggi, serta menjual berbagai macam jenis kebutuhan yang berkaitan dengan AC / Air Conditioning, sistem tata udara, cold storage (kamar pendingin) dan sistem refrigerasi (sistem pendingin)," ujar Fadli.

Informasi selengkapnya, Anda bisa langsung mengunjungi website https://polarin.co.id