Sukses

Wajib Dicoba, Trik Dukung Keluarga Betah Belajar dan Bekerja di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Indonesia tengah mempersiapkan diri untuk beraktivitas normal kembali dan beradaptasi dengan tatanan hidup baru di tengah pandemi. Sebagian ada yang langsung bekerja seperti biasanya, sebagian lain masih ada yang melaksanakan bekerja dan bahkan belajar di rumah. Berbulan-bulan masih harus bekerja dan belajar di rumah tentu bisa menimbulkan rasa bosan hingga stres.

Selain menghadirkan makanan yang menggugah selera, ada satu trik lagi yang bisa Anda hadirkan untuk membuat keluarga betah belajar, bekerja dan tentu tinggal di rumah. Trik itu adalah menata dan menghadirkan perabotan rumah tangga yang bisa mendukung aktivitas keluarga. Karena nggak ada tempat lain yang senyaman di rumah sendiri, yuk bikin mereka betah dengan berbagai perabot dari IKEA. Brand asal Swedia ini menjual berbagai produk perlengkapan rumah mulai dari yang kecil hingga besar, dengan desain bagus, fungsional, harga terjangkau, dan sustainable.

Bikin Kamar Anak Jadi Ruang Belajar dan Bermain Seru

Mulai dari ruangan pribadi mereka, salah satunya adalah kamar anak dan ruang belajarnya. Seperti orang dewasa, anak-anak juga butuh hal baru yang bisa membuatnya semangat belajar dan beraktivitas. Demi meningkatkan kenyamanan anak, saatnya mengganti perabotan di dalam kamar agar sesuai dengan kebutuhan belajarnya.

Dimulai dari pemilihan meja belajar yang bisa menyesuaikan pertumbuhan anak dengan kaki meja yang bisa diatur ketinggiannya. Selain itu, pilih juga kursi ergonomis yang nyaman untuk punggung anak dan juga bisa diatur ketinggiannya. Pencahayaan juga nggak kalah penting karena mempengaruhi kesehatan mata anak. Gunakan lampu yang punya pengaturan intensitas cahaya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Supaya tidak bosan di kamar yang juga menjadi tempat belajar, seimbangkan ruangan tersebut dengan menambahkan elemen bermain anak. Di sisi lain tempat tidur, Anda bisa menyiapkan tikar lipat dan menata boneka serta mainan anak lainnya yang bisa jadi hiburan mereka saat mulai capek belajar. Coba deh terapkan hal ini, pasti si kecil kesayangan akan makin semangat belajar dari rumah.

Selain itu, ajak anak untuk terbiasa merapikan meja belajarnya sendiri sejak dini. Siapkan kotak-kotak penyimpanan alat tulis dan rak buku yang memudahkan anak untuk menata perlengkapan belajar mereka. Meja belajar yang terlihat rapi bisa membangkitkan mood anak untuk rajin belajar di rumah.

Bikin Ruang Kerja Terasa Lebih Luas dan Segar

Jika anak-anak bisa mudah bosan, orang dewasa malah bisa mudah stres kalau melihat sekitarnya berantakan. Agar lebih enjoy bekerja, Anda bisa menata kembali ruangan kerjanya agar terasa lebih luas dan menyegarkan. Nggak perlu membangun ruangan baru, Anda bisa memanfaatkan space kosong di sudut rumah atau menyulap kamar pribadi menjadi ruang kerja yang nyaman.

Masukkan berbagai perlengkapan dan dokumen kerja ke dalam kotak penyimpanan agar terlihat rapi dan mudah dicari saat dibutuhkan. Jika kabel-kabel laptop atau charger ponsel mulai mengganggu, rapikan dalam kotak penyimpanan tertutup. Perhatikan juga pencahayaan selama bekerja, karena kurang cahaya bisa bikin mata cepat lelah. Kursi yang digunakan untuk bekerja sebaiknya yang ergonomis dan nyaman demi kesehatan tulang. Tapi jika Anda bekerja di sofa atau di atas kasur, gunakan meja lipat agar lebih nyaman saat menyelesaikan pekerjaan.

Poles Ruang Keluarga Agar Lebih Manis dan Menyenangkan

Setelah jam bekerja dan belajar selesai, saatnya menikmati quality time bersama keluarga. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal yang jadi favorit bersama. Misalnya karaoke menyanyikan lagu favorit atau streaming nonton serial yang lagi trending.

Supaya area ruang keluarga ini bisa lebih nyaman, maksimalkan dengan kehadiran sofa yang bikin momen bersama keluarga makin maksimal. Kalau nggak ada sofa di rumah, nggak masalah. Anda bisa mendesain ruang keluarga nyaman dengan karpet cantik sebagai alas. Lengkapi dengan cushion atau bantal dan selimut yang bisa menciptakan kenyamanan saat bersama.

Perhatikan juga pencahayaan ruang keluarga. Selain lampu yang digunakan sebagai cahaya utama, Anda juga bisa menambahkan lampu baca yang bisa digunakan saat ingin membaca di malam hari. Selain itu, lampu-lampu artistik juga bisa digunakan untuk membuat kesan ruang keluarga yang lebih artsy.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk membuat rumah semakin nyaman, sehingga belajar dan bekerja bisa makin betah. Butuh banyak perabotan baru untuk bikin rumah makin nyaman? Nggak perlu bingung belanja keluar rumah selama social distancing, ada IKEA yang bisa jadi solusinya. Belanja produk IKEA bisa dilakukan dari rumah karena IKEA dapat dibeli secara online di IKEA.co.id atau aplikasi IKEA Indonesia.

Di website resmi IKEA, Anda juga bisa melihat banyak inspirasi rumah untuk membuat rumah lebih nyaman. Sejak pertengahan April 2020, IKEA memberikan layanan WhatsApp Order untuk memudahkan pembelian furniture selama di rumah saja. Anda bisa mengambil barang pesanan di supermarket Giant, khususnya di Giant Extra BSD dan Giant Taman Yasmin Bogor. Jadi, Anda bisa mengambil barang IKEA sambil belanja keperluan rumah.

Untuk melakukan pemesanan home furnishing di IKEA, kamu bisa menghubungi nomor WhatsApp berikut ini:

  • KEA Alam Sutera: 08118367323
  • IKEA Sentul City: 08118367322

Selain itu, layanan WhatsApp order ini juga bisa dinikmati untuk pemesanan IKEA Food, lho. Kalau lagi malas masak atau bingung mau makan apa, order aja IKEA Food dengan melakukan pemesanan di nomor WhatsApp berikut:

  • IKEA Alam Sutera: 08118367320
  • IKEA Sentul City: 08118367319

Tunggu apa lagi, yuk saatnya wujudkan nyaman di rumah bersama IKEA! Kabar baiknya, IKEA juga mengadakan SALE secara online di www.IKEA.co.id yang sedang berlangsung hingga 23 Juni 2020, lho. Yuk, temukan inspirasi penataan rumah lainnya dengan klik di sini.