Sukses

Cara Pintar Menggunakan Uang THR di Masa Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Di lebaran tahun ini, tak semua karyawan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) . Maklum saja, cukup banyak bidang usaha yang sepi atau bahkan tidak berjalan karena pandemi corona. Karena itu, bagi mereka yang mendapatkan THR, sebaiknya tidak melulu dihabiskan untuk berfoya-foya di saat Lebaran.

THR juga bisa digunakaan untuk yang lebih bermanfaat seperti memulai bisnis. Lalu bisnis seperti apa yang cocok dari modal uang THR? Bagaimana caranya?

Perencana Keuangan Rio dilansir dari Duwitmu mengatakan, pertama Anda harus sadari terlebih dahulu bahwa hanya bisnis kecil-kecilan yang bisa dibangun dari uang THR. Anda bisa memilih berbagai bisnis yang memiliki modal sesuai dengan besaran THR yang didapat.

"THR untuk bisnis bisa, tergantung bisnisnya apa dan besarnya THR yang didapat. Contohnya THR-nya Rp10 juta, oke saya cuma mau bikin warung kopi, warung pecel lele atau angkringan, ya dari THR cukup. Tapi kalau skalanya besar, tentu kurang," tuturnya kepada Liputan6, 18 Mei 2020.

Namun sebelum memutuskan untuk mendirikan bisinis, pastikan terlebih dahulu Anda masih memiliki modal untuk merayakan hari raya Lebaran. Tidak harus banyak uang yang disiapkan, yang penting Anda bisa menyiapkan sekadar makanan atau kue kering khas Lebaran.

"Kembali lagi ke prioritas masing-masing. Ini berbicara perasaan, bisa merayakan secara sederhana, atau harus pulang kampung. Pikirkan dulu sebelum mulai bisnis, apalagi di masa pandemi corona seperti sekarang." ujarnya.

Andi menyarankan, agar mengambil porsi 1/3 dari THR untuk merayakan hari raya. Sisanya bisa digunakan untuk modal bisnis. Jika dirasa sisa uang THR tidak cukup untuk modal bisnis, Anda bisa mengambil sebagian tabungan yang Anda miliki atau mencari pinjaman online dari ragam penyedia fintech.

Namun Anda harus serius dalam menjalankan bisnis tersebut. Sebab selain harus membayar pinjaman untuk tambahan modal, pengorbanan Anda untuk tidak merayakan Lebaran secara maksimal menjadi sia-sia.