Sukses

5 Manfaat Minum Air Putih dari Dalam Kendi Saat Musim Kemarau

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang masih terbiasa dengan praktik menyimpan air di dalam kendi selama musim kemarau. Praktik minum air dari dalam kendi yang terbuat dari tanah liat bukan hanya pengganti wadah baja atau plastik, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan tersendiri.

Ini adalah alasan mengapa banyak rumah tangga masih bersikukuh dengan kendi, karena memiliki banyak manfaat.

Dikutip dari Times of India, Senin (27/4/2020), berikut lima manfaat kesehatan dari minum air dari dalam kendi saat musim kemarau.

Efek Pendingin Alami

Air kendi menyediakan air dingin saat itu ketika tidak lemari es. Kendi itu bekerja berdasarkan prinsip penguapan, yaitu membantu pendinginan air. Karena kendi dari tanah itu menyerap, air itu secara bertahap menjadi dingin, yang tidak dimiliki wadah lain.

Baik untuk Tenggorokan

Sementara air lemari es terlalu dingin dan air yang di luar terlalu hangat, kendi menydiakan air minum yang sempurna di musim kemarau. Dengan efek pendingin yang sempurna, sangat lembut di tenggorokan dan dapat dengan mudah dikonsumsi oleh mereka yang kedinginan dan batuk.

2 dari 3 halaman

Mencegah dari Sengatan Matahari

Sengatan matahari adalah masalah yang umum yang menyerang orang di musim kemarau. Vitamin dan mineral dari air yang disimpan dalam kendi akan membantu glukosa tubuh dan akan memberikan efek pendinginan yang lembut bagi tubuh.

Bersifat Basa

Tubuh manusia bersifat asam, sedangkan tanah liat bersifat basa. Air dari kendi alkali ini ketika dikonsumsi oleh Anda, maka bereaksi dengan sifat asam tubuh kita dan membantu menciptakan keseimbangan pH yang tepat. Ini adalah alasan mengapa minum air dalam kendi membantu menjaga keasaman dan masalah perut.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ketika kita minum air yang disimpan dalam botol plastik, itu mengandung bahan kimia beracun seperti Bisphenol A atau BPA, yang membahayakan tubuh dengan berbagai cara.  Minum air dari kendi menyeimbangkan kadar testosteron dan bahkan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :