Sukses

Mengintip Tren Kopi di 2020, Seperti Apa?

Kopi masih jadi sorotan menarik di tahun ini. Bagaimana trennya?

Liputan6.com, Jakarta - Konsumsi kopi telah jadi bagian dari keseharian para kaum urban. Mengingat tingginya minat pasar, para brand kopi pun tiada henti menyajikan suguhan yang berbeda dan menarik.

Bicara soal kopi, bagaimana tren minuman berkafein ini di 2020? Sylvia Surya selaku Co-Founder KopiSoe melihat fenomena kopi di pasaran khususnya anak muda lebih kepada sentuhan inovasi.

"Dilihat dari keberhasilan KopiSoe rum regal, lebih cenderng intensitas anak muda suka pada inovasi, makin dimacam-macam makin suka," kata Sylvia di kawasan Kemang, Jumat, 21 Februari 2020.

Meski ada banyak varian yang ditawarkan, core tetap pada kopi itu sendiri. "Tapi lebih ke sistem ekstraksi espresso-nya dari teknikal pakai mesin," lanjutnya.

Ada pula inovasi yang dipadu dengan bahan-bahan atau produk minuman yang arahnya lebih kepada healthy drink. "Kalau tahun lalu (tren) gula semua, healthy (tahun ini) something new," kata Sylvia.

"Secara general, aku lihat (inovasi kopi) relate sama Indonesia food dessert jadi inovasi yang dikembangin dari luar." terangnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Healthy Drink hingga Ciri Khas

Sylvia Surya juga menyampaikan bahwa tren kopi tidak akan pernah habis sebagai brand modifikasi. Di sisi lain, ia juga melihat anak muda yang jadi mayoritas konsumen kopi kekinian saat ini makin fokus dengan kesehatan.

"Banyaknya mereka yang gym, crossfit, lalu kita aplikasikan ke brand kita," kata Sylvia.

Sementara, Novita Suryaningsih selaku Director of Marketing and Business Development Esperto Indonesia, perusahaan penyedia mesin kopi ini menyebut pentingnya elemen keunikan dalam sajian kopi.

"Yang penting kekhasan minuman itu sendiri. Bikin bisnis kopi, bikin ciri khas minum kopi sebagai media hangout dan bersosialisasi," kata Novita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.