Sukses

San Diego Hills, Pemakaman Eksklusif yang Jadi Peristirahatan Terakhir Ashraf Sinclair

Liputan6.com, Jakarta - Beriring tangis keluarga dan kerabat, jenazah mendiang Ashraf Sinclair dikebumikan pada Selasa, 18 Februari 2020. Taman pemakaman San Diego Hills pun dipilih jadi tempat peristirahatan terakhir aktor asal Malaysia tersebut.

Mengklaim sebagai Taman Pemakaman Paling Indah di Indonesia, sebagaimana tertulis di bio akun Instagram resmi mereka, kesan pemakaman cenderung sendu nan tak terawat memang luluh lantak di sini.

Melansir dari situs resmi San Diego Hills, Rabu (19/2/2020), kawasan ini sengaja didesain sedemikian rupa supaya jadi tempat pantas mengantar dan mengenang kepergian orang-orang terkasih menuju alam keabadian, sekaligus nyaman dikunjungi keluarga yang ditinggalkan.

Di samping area pemakaman yang terbagi jadi tiga bagian besar, yakni Universal Garden, Garden of Prosperity & Joy, dan Five Pillars Garden, pemakaman eksklusif di Karawang, Jawa Barat ini juga dilengkapi berbagai fasilitas.

Beberapa di antaranya adalah danau seluas 8 hektare, kapel, musala, restoran Italia, jogging track, kolam renang, toko bunga dan hadiah lain, padang rumput asri untuk aktivitas luar ruang, serta gedung serba guna berkapasitas 250 orang.

"Kini, melangsungkan pernikahan dan berwisata di kawasan pemakaman bukan lagi sesuatu hal yang tak lazim dilakukan," begitu keterangan yang tertulis di laman resmi San Diego Hills.

 

2 dari 3 halaman

Berapa Harganya?

Pihak San Diego Hills menjelaskan, berpegang pada pandangan semua agama, detail layanan dan fasilitas dirancang untuk menghormati tata cara penguburan bagi setiap penganut agama, serta tradisi majemuk di Indonesia, tanpa mengurangi kedalaman nilai-nilai spiritual.

Universal Garden merupakan area yang menghadirkan simbolisasi mulai dari Penciptaan Dunia, Janji Allah pada Adam, Abraham, Raja Daud, Mesias yang harus disalibkan, bangkit, dan memulai era martir sampai ajaran kasih, juga pertobatan melalui Yesus Kristus untuk masuk ke New Eden.

Saat ini Universal Garden terdiri dari dua bagian, yaitu Garden of Creation dan Garden of Faith, Hope, and Love. Garden of Creation terdiri dari 12 mansion, yaitu Sabbath, Seagull, Hummingbird, Sovereignty, Crown, Peacefulness, Moonbeam, Light, Starlight, Eden, Sky Lawn, dan Sunrise.

Sedangkan Garden of Faith, Hope, and Love berisi tiga mansion yaitu Serenity, Gentleness, dan Adoration.

Kemudian, Garden of Prosperity and Joy alias Bai Fu Le Yuan tampil dengan simbolisasi sejarah, kebudayaan, dan kepercayaan masyarakat Tionghoa. Area pemakaman dirancang seksama sesuai perhitungan lokasi terbaik dan harmonis dengan alam berdasarkan kaidah Fengshui.

Tujuh keindahan mewarnai kawasan Bai Fu Le Yuan, yakni Bridge of Eternity, jembatan bergaya Tiongkok membentang di atas danau, Remembrance Hall, tempat penyimpanan Columbarium, serta Mountain of Life, menyiratkan air sebagai sumber kehidupan sekaligus membangkitkan suasana alam.

Lalu, Pavilion of Blessings, pavilion peristirahatan sementara bagi keluarga, Bridge of Nine Virtues, jembatan sembilan liku yang menggambarkan sembilan kebajikan, Sky Deck, dataran terbuka tertinggi di seluruh Garden of Prosperity and Joy, juga Mountain Gate, gerbang megah yang kokoh dan anggun.

Saat ini terdiri dari enam mansion di bagian ini, yakni Diamond Mansion, Pearl Mansion, dan Jade Mansion, Peony Mansion, dan Island Estate.

Terakhir, Five Pillars Garden yang engadopsi konsep lima rukun Islam di lahan seluas 25 hektare. Secara keseluruhan, areanya terbagi jadi lima, yakni Unity Garden (Rukun Islam: Syahadat) yang saat ini memiliki Wisdom Mansion.

Kemudian, Prayer Garden (Rukun Islam 2: Salat) yang saat ini terdapat tiga mansion, yaitu Midday Mansion, Guiding Light Mansion, dan Before Dawn Mansion. Fasting Garden (Rukun Islam 3: Puasa), mencoba maknai puasa sebagai hidup dalam kesederhanaan melalui desain lanskap tipikal tanaman gersang berdampingan dengan tanaman subur.

Benefaction Garden (Rukun Islam 4: Zakat) yang saat ini memiliki dua mansion, yaitu Charity Mansion dan Fitrah Mansion. Terakhir, Pilgrimage Garden (Rukun Islam 5: Haji), yakni tampil dalam lanskap tanaman gersang yang menggambarkan perjalanan melalui gurun pasir.

Juga, sudah ada diskusi dengan pemuka agam terkait penentuan arah kiblat dan tata cara penguburan di taman pemakaman Muslim ini.

Ada dua cara pemesanan di sini, yakni at need dan pre need dengan harga bervariasi sesuai mansion. Mulai Rp110 juta untuk kategori digunakan segera dan mulai Rp99 juta untuk kondisi pre need.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut:

Begini Cara Tangkap Ular Cobra dengan Galon Air Mineral
Loading
Artikel Selanjutnya
Doni Monardo: Pembatasan Sosial Skala Besar Jadi Babak Baru Lawan Corona
Artikel Selanjutnya
Sandiaga Ajak Masyarakat Donor Bantu PMI Tingkatkan Stok Darah