Sukses

10 Negara Eksotis yang Bebas Dikunjungi Wisatawan Indonesia Tanpa Visa

Persoalan visa seringkali membuat rumit perjalanan para wisatawan. Namun, sejumlah negara ini memudahkan para turis Indonesia untuk traveling.

Liputan6.com, Jakarta - Visa menjadi salah satu syarat bagi masyarakat yang hendak berwisata ke mancanegara. Namun, meskipun demikian ada beberapa negara yang memberlakukan peraturan bebas visa bagi pelancong yang hendak berlibur di negaranya.

Visa merupakan sebuah tanda izin masuk suatu negara yang berisi identitas pemilik. Biasanya visa dikeluarkan oleh kedutaan besar dari negara yang berhubungan. Visa pun hanya berlaku dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan ketentuan dari negara terkait.

Indonesia sendiri ditetapkan sebagai salah satu negara yang memiliki Pasport Terkuat pada 2020 menurut Henley Passport Index. Dengan begitu, warga negara Indonesia yang memiliki paspor Indonesia bisa bebas mengunjungi 71 negara tanpa perlu adanya visa.

Berikut ini sepuluh negara bebas visa yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 5 Februari 2020.

1. Laos

Brunei Darussalam memberlakukan bebas visa bagi turis Indonesia yang berlaku selama 30 hari sejak kedatangan. Negara yang dikelilingi Tiongkok, Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan Thailand itu memiliki sejumlah destinasi andalan yang makin naik daun. Beberapa wisata yang bisa Anda kunjungi di sana ialah Pha That Luang -kuil paling suci bagi warga Laos, Xieng Khouang, hingga sepasang air terjun di Sungai Mekong.

2. Malaysia

Bebas visa bagi masyarakat Indonesia saat di Malaysia ialah berlaku selama 90 hari. Saat di Malaysia, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata, seperti Menara Kembar Petronas, Bukit Bintang, Batu Caves, dan Genting Highlands. Anda juga bisa berkelana ke kota-kota di negara bagian lainnya, seperti Penang dan Malaka.

3. Brazil

Brazil sendiri menerapkan bebas visa bagi wisatawan Indonesia hanya dalam 30 hari saja. Selama itu Anda bisa memanfaatkannya untuk mengunjungi beberapa wisata, seperti Iguazu Falls, Salvador, dan Rio de Janeiro.

4. Vietnam

Sama halnya dengan Brazil, jangka waktu bebas visa yang ada di Vietnam pun hanya berlaku dalam 30 hari saja. Wisata yang sering dikunjungi saat di Vietnam beberapa di antaranya ialah Ha Long Bay, Pulau Phu Quoc, Da Nang, dan Ba Na Hills.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Thailand

Meskipun bebas, Negara Gajah Putih ini hanya memberlakukan bebas visa selama 30 hari saja. Saat berada di Thailand, jangan lupa untuk mampir ke Chiang Mai, Pantai Railay, The Grand Place, Phuket, dan Wat Arun.

6. Kolombia

Kolombia menjadi salah satu negara di Amerika yang menyediakan bebas visa bagi wisatawan Indonesia. Bebas visa yang ditetapkan oleh Kolombia berlaku selama 90 hari lamanya.

Di Kolombia Anda bisa menghabiskan waktu di beberapa lokasi wisata yang indah dan memesona. Beberapa di antaranya ialah Bogotta, Cartagena, Gereja Las Lajas, Amazon, dan Mompox.

7. Singapura

Tetangga Indonesia ini pun ternyata memberlakukan bebas visa bagi wisatawan Indonesia. Singapura menerapkan bebas visa hanya selama 30 hari saja.

Meskipun ukuran negaranya cukup kecil, Singapura memiliki wisata yang tak kalah menarik. Beberapa di antaranya ialah Marina Bay Sands Bugis Street, Merlion Park, dan Clarke Quay.

3 dari 3 halaman

8. Jepang

Meskipun memberlakukan bebas visa, Jepang memiliki persyaratan tersendiri bagi wisatawan Indonesia yang hendak masuk ke negaranya. Bagi masyarakat Indonesia yang hendak ke Jepang disarankan untuk memiliki paspor elektronik agar mempermudah proses masuknya.

Sebagai negara yang terbilang memiliki tingkat kesibukan tinggi, Jepang pun punya tempat wisata yang bisa merehatkan pikiran. Berikut ini beberapa di antaranya Tokyo Tower, Gunung Fuji, Tokyo Disney Sea, dan Akihabara serta Harajuku.

9. Maroko

Wilayah yang terkenal akan wilayahnya yang berupa gurun dan pegunungan ini menerapkan bebas visa bagi wisatawan Indonesia selama 90 hari.

Saat di Maroko jangan lewatkan untuk berkunjung dan berbelanja di Casablanca dan singgahlah di Masjid Hassan II yang disebut-sebut sebagai masjid terbesar kedua. Anda pun bisa datang ke Chefchaoun, sebuah labirin yang dihiasi oleh dinding warna biru dan pernak-pernik lainnya.

10. Dominika

Bebas visa yang berlaku di Dominika tidak sampai 30 hari, yaitu hanya 21 hari saja. Selama itu, Anda bisa berkunjung ke Cueva de las Maravillas, Pasir Putih di Pantai Bani Dunes, Museum Fortazela Ozama, dan Gereja La Basilica de Higuey. (Tri Ayu Lutfiani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.